islampos
Media islam generasi baru

“Demi Allah, Jabatan Lebih Melukaiku daripada Aku Terisolir Darinya”

foto: pixabay
0

SIAPA yang tak kenal dengan Keluarga Yasir? Mereka adalah keluarga yang dijanjikan oleh rasulullah masuk surge Allah SWT. Keluarga Yasir terdiri dari Yasir, Sumayyah dan anaknya, Ammar bin Yasir.

Ammar termasuk dalam sahabat Rasulullah SAW. Beliau juga orang islam yang pernah mendapat siksaan pedi dari orang-orang Qurays. Berkaiatan dengan Ammar, ada kisah menarik yang dapat kita petik dari beliau.

Saat Umar bin Khattab menjabat sebagai Khalifah, ia mengangkat Ammar untuk menjadi wali di Kufah, dan ia ditemani oleh Abdullah bin Masud.

Ummar menuliskan sebuah surat kepada para penduduk Kufah yang berbunyi:

“Amma ba’du… Aku mengirimkan kepada kalian Ammar sebagai pemimpin kalian dan Abdullah bin Mas’ud sebagai pengajar dan menterinya. Keduanya adalah sebagian sahabat dekat Nabi kalian yang
bernama Muhammad. Taatilah keduanya, dan berikan kepatuhan kalian kepada mereka berdua.”

Kemudian Umar menceritakan kepada Ammar maksudnya tadi, namun apa yang dikatakan oleh Ammar kepada Umar?

Ammar menolak jabatan itu. Begitu Umar berjumpa dengan Ammar maka Umar berkata: “Apakah tindakan yang aku lakukan telah melukaimu, ya Ammar?”

Ammar menjawab: “Demi Allah, jabatan lebih melukaiku daripada aku terisolir darinya.”

Itulah seorang Ammar, yang menganggap jabatan itu sebagian ujian sehingga menyebabkan luka pada hatinya karena saking takutnya pertanggungjawaban dari jabatan yang diemban. Semoga kita dapat mengambil hikmah dari kisah di atas. []

Sumber: E-book Kisah Heroik 65 Sahabat Rasulullah SAW karya Abdurrahman Ra’fat al-Basya

loading...
loading...