Dasar Kucing Budug, Ga Ada Kapoknya, Digebukin Masih Aja Maling!

Foto: 7 Themes
0

 

Oleh: Ernydar Irfan 

KUCING itu lari tertatih-tatih, banyak luka di sekujur tubuhnya.

“Dasar kucing budug! Gak kapoknya digebugin masih aja maling!” begitu teriakan dari dalam rumah.

Tak tega melihatnya, saya pun menggotongnya ke depan rumah. Jelas saya tidak bisa memeliharanya. Di rumah ini sudah ada dua ekor Persia dan seekor kucing lokal yang heboh kelakuannya.

Saya beri ia makanan dan air minum, kucing itu pun melahapnya. Sambil makan, saya bersihkan lukanya dan obati. Selesai itu saya tinggalkan dia karena saya ada urusan ke kantor pajak.

Sekembalinya dari kantor pajak, kucing itu sudah pergi. Ah…sudahlah semoga ia bisa kembali sehat seperti sediakala. Kucing binatang rumahan, tapi juga binatang liar. Mereka seperti hewan lainnya yang jelas tak mungkin bisa mencari nafkah buat membeli makanan, jadi sesuai instingnya ia hanya berburu atau mengambil makanan yang ada untuk bisa makan.

Sebagian orang ada yang peduli dan memberi makanan bagi mereka, sebagian lagi jangankan memberi makanan, mendekat pun langsung diusir, bahkan bisa ditendang atau dipukul. Padahal Rasulullah berpesan kepada para sahabatnya untuk menyayangi kucing peliharaan, layaknya menyayangi keluarga sendiri.

Hukuman bagi mereka yang menyakiti hewan lucu ini sangatlah serius, dalam sebuah hadist shahih Al Bukhori, dikisahkan tentang seorang wanita yang tidak pernah memberi makan kucingnya, dan tidak pula melepas kucingnya untuk mencari makan sendiri, Nabi SAW pun menjelaskan bahwa hukuman bagi wanita ini adalah siksa neraka.

Sabda Rasulullah shalallahu alaihi wasallam tatkala ditanya oleh seorang sahabat, “Apakah berbuat baik kepada binatang bagi kami ada pahalanya?”

Beliau shalallahu alaihi wasallam menjawab, “Di dalam setiap apa yang bernyawa ada pahalanya,” (Diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim).

Sedekah mempermudah segala urusanmu, kucing itu datang menjemput sedekah kita yang mungkin saja utusan Allah untuk menguji kita melalui si kucing sebelum menolong, memuliakan dan menambahkan rezeki kita.

Tak ada salahnya bersedekah sedikit untuk kucing dan hewan lainya Karena manusia adalah makhluk sosial dan diharuskan kita untuk berbagi dan bersedekah.

Tak perlu juga kita menghitung berapa besar biaya yang harus dikeluarkan untuk mengurus kucing dengan niat sedekah dan memberi ikhlas, InsyaAllab rezeki itu akan dilipatgandakan.

Satu hal yang menurut saya menarik, bersedekah pada kucing bisa menjadi amalan sembunyi-sembunyi yang bisa membawa kita ke surga, karena jarang orang yang pamer memberi tulang ikan pada kucing. []

DISCLAIMER: Tulisan ini secara ekslusif diberikan hak terbit kepada www.islampos.com. Semua jenis kopi tanpa izin akan diproses melalui hukum yang berlaku di Indonesia. Kami mencantumkan pengumuman ini di rubrik Kolom Ernydar Irfan dikarenakan sudah banyak kejadian plagiarisme kolom ini di berbagai media sosial. Terima kasih. 

loading...
loading...