ISLAMPOS
Media Islam Generasi Baru

Dari Awal Ramadan, Masjid Raya Aceh Ramai Jemaah Iktikaf

Foto: Okezone
0

BANDA ACEH–Bulan suci Ramadan tidak hanya mengenai menjalankan puasa dengan menahan lapar dan haus sejak matahari terbit hingga terbenam. Namun juga bermacam ibadah dapat dilakukan untuk menambah amalan, salah satunya iktikaf.

Setiap Ramadan, salah satunya Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh, tidak pernah sepi dari jamaah yang beri iktifaf sejak pagi hingga menjelang sore. Mereka melakukan bermacam amalan, misalnya tadarus dan mempelajari kitab suci Alquran.

Salah seorang jamaah Masjid Raya Baiturrahman, Ihsan (42), mengatakan setiap hari selama Ramadan menyempatkan diri ber iktikaf dan menjalankan sejumlah ibadah di sana. Pasalnya selama Ramadan, pahala yang diberikan Allah subhanahu wa ta’ala berlimpah bagi Muslim yang menjalankan amalan.

“Kita sudah terpikat hati dengan Masjid Raya (Baiturrahman). Biasanya saya menyempatkan iktikaf sejak sebelum Dhuhur hingga bakda Ashar,” kata Ihsan saat ditemui di lingkungan masjid bersejarah tersebut, Sabtu (3/6/2017).

Istilah iktikaf sendiri berasal dari bahasa Arab yakni ‘akafa’ yang berarti ‘berdiam diri di masjid dalam rangka mencari keridaan Allah sekaligus introspeksi diri atas perbuatannya’. Amalan ini telah dilakukan sejak masa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Masyarakat Muslim biasanya sering melakukan aktivitas di dalam masjid, baik untuk ibadah salat maupun melaksanakan amalan lainnya, termasuk iktikaf di bulan suci Ramadan 1438 Hijriah ini. []

Sumber: Okezone

loading...
loading...