ISLAMPOS
Media Islam Generasi Baru

Dahnil Anzar: Tingkat Kepercayaan Publik ke KPK Menurun

0

JAKARTA–Ketua Umum PP Pemuda Muhammadiyah, Dahnil Anzar memaparkan beberapa evaluasi upaya pemberantasan korupsi di era pemerintahan Joko Widodo (Jokowi) dan Jusuf Kalla (JK). Terhitung selama tiga tahun terakhir terjadi perlambatan terutama peran Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

“Kepercayaan masyarakat terhadap KPK mulai menurun. Sebab, masih banyak kasus korupsi yang belum dituntaskan,” katanya dalam acara ‘Diskusi Berseri Madrasah Anti Korupsi’ di Gedung Pusat Dakwah Muhammadiyah, Jakarta, Rabu (27/12).

Menurut Dahnil, saat ini eranya terjadi epicentrum pelemahan dalam pemberantasan korupsi karena upaya kriminalisasi terhadap pemimpin KPK yang dilakukan polisi. Ia menilai, secara otomatis KPK mengalami demoralisasi dan penurunan kepercayaan publik

Bahkan ia menyampaikan, ada beberapa kasus yang belum juga diselesaikan seperti kasus penyiraman terhadap Novel Baswedan. Dalam kasus ini, Presiden Jokowi belum dapat menyelesaikan dan bersikap tegas.

“Seperti kasus Novel Baswedan yang menjadi salah satu batu sandungan pemerintah,” cetusnya.

Dahnil juga merasa khawatir permisivisme tentang pemberantasan korupsi. Padahal, tindakan ini merupakan kejahatan induk dan lebih berbahaya.

“Dalam Islam korupsi itu bisa menjadi sumber kejahatan utama. Rasul menyebut tidak diterima ibadah dan ini pekerjaan utama negeri ini, kinerja pemberantasan korupsi semakin parah,” pesannya. []

Reporter: Rhio

Langganan newsletter Kami
Langganan newsletter Kami
Daftar dan dapatkan informasi update dari Kami langsung ke Inbox e-mail Anda
Kamu dapat berhenti berlangganan kapanpun
loading...
loading...