islampos
Media islam generasi baru

Dahnil Anzar: Pemerintah Tak Bisa Sembarangan Gunakan Dana Haji

Foto: feb.untirta
0

JAKARTA– Ketua Umum PP Pemuda Muhammadiyah, Dahnil Anzar Simanjuntak, turut menyoroti wacana penggunaan dana calon jamaah haji oleh pemerintah untuk proyek-proyek infrastruktur.

Daripada mewacanakan itu, Dahnil menyarankan pemerintah agar fokus melakukan perbaikan dalam pelayanan haji dan pengelolaan dana calon jamaah haji.

Ia menjelaskan, pada dasarnya dana haji sifatnya restricted fund, yakni dana yang dibatasi penggunaannya, khusus untuk kepentingan jamaah haji.

“Jadi, tidak bisa sembarangan digunakan untuk kepentingan lain,”  ujarnya di Jakarta Minggu 30 Juli 2017 Seperti dikutip dari Hidayatullah.

Ditambah lagi, imbuhnya, harus ada akad sejak awal terkait rencana penggunaan dana tersebut, yang mengisyaratkan bahwa jamaah haji ridha dana mereka selama proses tunggu digunakan untuk investasi.

“Terkait Invenstasi Dana Haji di Malaysia, Mereka sudah memenuhi syarat-syarat di atas yang saya sebutkan, termasuk akad, yang paling penting adalah transparansi dan akuntabel,” jelasnya.

Fakta bahwa pengelolaan dana haji di Indonesia masih bermasalah karena tidak transparan dan tidak akuntabel, kata dia, adalah faktor lain.

“Sehingga usulan presiden terkait penggunaan dana haji untuk Infrastruktur perlu ditolak,” pungkasnya.[]

loading...
loading...