islampos
Media islam generasi baru

Cegah Perilaku Homo, Malaysia Gelar Sayembara Video Berhadiah

Foto: Google
0

MALAYSIA—Guna mencegah, menyembuhkan dan mengontrol LGBT (lesbian, gay, biseksual, transgender), Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Malaysia menggelar sayembara video berhadiah uang tunai sebesar 1 ribu hingga 4 ribu ringgit Malaysia.

Dilansir Sky News, Sabtu (3/6/2017), pengumuman lomba tersebut ditampilkan pada situs Kemenkes Malaysia. Video yang dikompetisikan diwajibkan memuat pesan mencegah, menyembuhkan dan mengontrol LGBT.

Pemenang video dijanjikan hadiah uang sejumlah 1.000 sampai 4.000 ringgit Malaysia. Kontes tersebut mengangkat tema “Hargai Dirimu, Terapkan Gaya Hidup Sehat”.

“Para pesertanya harus mengeksplorasi pencegahan dan pengendalian; masalah dan konsekuensi; dan bagaimana cara mendapatkan bantuan,” tulis situs kementerian tersebut.

Sayembara video itu terbuka untuk peserta berusia 13 sampai 24 tahun, dan tak terkait kelompok lesbian, gay, biseksual, dan transgender (LGBT).

Kompetisi yang ditutup pada akhir Agustus ini memiliki tiga kategori utama. Di antaranya adalah disorientasi seksual (LGBT), seks, serta seks dan internet.

Para peserta diminta untuk mengangkat isu gay, lesbian, transgender, waria dan atau kaum tomboy.

Lokman Hakim Sulaiman, dari Kemenkes Malaysia, mengklaim kompetisi yang diadakan tidak ditujukan mendiskriminasi kelompok mana pun. Menurutnya, kontes diadakan untuk memberikan pengetahuan dan memancing kreativitas remaja tentang pendidikan seksual dan kesehatan reproduksi.

Menurut hukum, LGBT merupakan hal yang ilegal di Malaysia, bahkan sejak pemerintahan kolonal Inggris. Pemerintah berargumen, sikap tersebut atas dasar penghormatan terhadap Muslim sebagai mayoritas di Malaysia. []

loading...
loading...