Cegah Pelecehan, Pakistan Luncurkan ‘Pink Taxy’

Foto: The Express Tribune
0

KARACHI–Pemerintah Pakistan hadirkan sebuah layanan taksi baru untuk mencegah pelecehan seksual terhadap perempuan di Pakistan. Taksi tersebut mulai beroperasi di pusat kota Karachi.

Para penumpang biasa menyebut “Pink Taxy” atau Taksi merah muda karena warnanya yang begitu mencolok. Kemudian Taksi itu bisa dipesan penumpang melalui telepon, aplikasi mobile, SMS, atau di tepi jalan.

“Supir taksi memakai kerudung merah muda dan mantel hitam sebagai seragam mereka. Mereka termasuk ibu rumah tangga, wanita muda dan mahasiswa,”pungkas Ambreen Sheikh, Direktur eksekutif layanan taksi Paxi.

Pusat Sumber Daya Perkotaan Karachi melaporkan, pada 2016, 55 persen perempuan yang pulang-pergi menggunakan bus umum merasa tidak aman oleh tindakan pelecehan seksual di Karachi.

Berbeda dengan beberapa kabupaten di timur Pakistan yang dinilai paling aman untuk penumpang perempuan.

Noor Jehan, supir taksi yang baru direkrut mengatakan, kebanyakan perempuan “Berpikir tiga kali” sebelum masuk kendaraan umum.

“Kebanyakan mereka takut dilecehkan oleh seorang pria,” ungkapnya, dilansir Al-Jazeera, Rabu (22/3/2107).

BACA JUGA:
Laporan: Tingkat Kesuburan Perempuan Palestina Tertinggi di Dunia
Setelah Jadi Muslimah, Ia Satu-satunya Perempuan yang Menutup Tubuhnya dengan Hijab
Komnas Perempuan Sarankan Hapus Hukum Pidana Hidup Bersama di Luar Perkawinan

Karena itu, menurut Noor, adanya taksi khusus perempuan ini bisa memberikan pelayanan keamanan untuk para perempuan di Pakistan.

Sementara itu, Ambreen mencanangkan layanan taksi ini akan terus diperluas ke kota-kota Lahore hingga Islamabad dalam tiga sampai empat bulan ke depan. []

loading...
loading...