Cegah Anies Dampingi Jokowi Saat Berikan Piala Presiden, Ini Klarifikasi Pihak Paspampres

0

JAKARTA—Pasukan pengamanan Presiden (Paspampres) menanggapi hal terkait viralnya sebuah video yang diunggah seorang penonton sepak bola pada saat menjelang penyerahan piala Presiden.

Dalam video tersebut terlihat Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang akan ikut turun dengan Presiden Joko Widodo ke area lapangan sepak bola untuk memberikan Piala. Namun, tak berapa lama anggota Paspampres kemudian mencegah Anies untuk turun mendampingi Presiden.

Menanggapi video tersebut, Paspampres mengatakan bahwa tindakan itu merupakan prosedur pengamanan, karena Paspampres berpegang pada daftar nama pendamping Presiden yang disiapkan panitia.

Paspampres hanya mempersilakan nama-nama yang disebutkan oleh pembawa acara untuk turut mendampingi Presiden Jokowi dengan tidak menyebut bahwa ada arahan khsusus apapun dari Presiden untuk mencegah Anies.

Mengingat acara ini bukan acara kenegaraan, Paspamres mengatakan bahwa panitia tidak mengikuti ketentuan protokoler kenegaraan mengenai tata cara pendampingan Presiden oleh Kepala Daerah.

Namun di sisi lain, selama pertandingan berlangsung,  Presiden Jokowi dan  Anies sangat menikmati jalannya pertandingan final. Keduanya menonton dengan rileks, sangat informal, serta akrab. Presiden menyampaikan selamat dan menyalami Anies saat Persija mencetak gol.

Karena bukan acara resmi, Presiden juga masih perlu menunggu selama 15 menit di lapangan hingga selesainya pemberian penghargaan lain sebelum menyerahkan Piala Presiden kepada Persija. []

SUMBER: BIRO SETPRES

loading...
loading...
Langganan newsletter Kami
Langganan newsletter Kami
Daftar dan dapatkan informasi update dari Kami langsung ke Inbox e-mail Anda
Kamu dapat berhenti berlangganan kapanpun

Maaf Anda Sedang Offline