ISLAMPOS
Media Islam Generasi Baru

Cara Menyikapi Harta Dunia

0

Advertisements

HARTA adalah salah satu perkara di dunia yang kita sering tertipu olehnya. Ketika melihat orang lain dengan kelimpahan harta, hati kita menimbun rasa dengki sehingga melupakan semua nikmat yang sudah Allah Subhanallahu Wata’ala berikan.

Padahal, sikap seorang muslim dalam perkara harta dan dunia, hendaklah dia selalu melihat orang yang berada di bawahnya. Betapa masih banyak orang yang hidup serba kekurangan. Bahkan untuk makan pun mereka kesulitan.

BACA JUGA: Dakwah dan ‘Jebakan’ Kesibukan Dunia

Seharusnya seorang muslim memperhatikan sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam dalam hal ini.

Suatu saat Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah menyampaikan nasehat kepada Abu Dzar. Abu Dzar berkata,

أَمَرَنِي خَلِيلِي صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بِسَبْعٍ أَمَرَنِي بِحُبِّ الْمَسَاكِينِ وَالدُّنُوِّ مِنْهُمْ وَأَمَرَنِي أَنْ أَنْظُرَ إِلَى مَنْ هُوَ دُونِي وَلَا أَنْظُرَ إِلَى مَنْ هُوَ فَوْقِي

“Kekasihku yakni Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam memerintah tujuh perkara padaku, (di antaranya): Beliau memerintahkanku agar mencintai orang miskin dan dekat dengan mereka, beliau memerintahkanku agar melihat orang yang berada di bawahku (dalam masalah harta dan dunia), juga supaya aku tidak memperhatikan orang yang berada di atasku. …” (HR. Ahmad. Syaikh Syu’aib Al Arnauth mengatakan bahwa hadits ini shahih)

Dari Abu Hurairah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

إذا نظر أحدكم إلى من فضل عليه في المال والخلق فلينظر إلى من هو أسفل منه

“Jika salah seorang di antara kalian melihat orang yang memiliki kelebihan harta dan bentuk (rupa) [al kholq], maka lihatlah kepada orang yang berada di bawahnya.” (HR. Bukhari dan Muslim).

BACA JUGA: Sekolah, Dunia Kecil yang “Seharusnya” Menyenangkan

Ibnu Hajar mengatakan, “Yang dimaksud dengan al khalq adalah bentuk tubuh. Juga termasuk di dalamnya adalah anak-anak, pengikut dan segala sesuatu yang berkaitan dengan kenikmatan duniawi.” (Fathul Bari, 11/32).

Dengan mengingat hal ini, akan membuat hati kita lebih tenang. Selain itu, ini juga akan membuat kita sadar bahwa masih banyak nikmat dariNya yang belum kita syukuri. []

SUMBER: RUMAYSHO

Artikel Terkait :

loading...
loading...

Sponsored

Maaf Anda Sedang Offline