Cak Imin: Kriminalisasi Ulama Terjadi karena Ketidakadilan Sosial

0

JAKARTA—Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar (Cak Imin) menyoroti masalah kriminalisasi ulama yang belakangan terjadi di Indonesia.

Menurutnya masalah kriminalisasi ulama terjadi karena ketidakadilan sosial. Padahal, keadilan sosial merupakan semangat para pendiri bangsa untuk mewujudkan kemerdekaan.

“Kalau sekarang ada yang dikriminalisasikan sebetulnya bagian dari hilangnya spirit semangat keadilan sosial. Padahal semangat sosialisme religius para pendiri bangsa selalu digunakan dalam mencapai kemerdekaan,” kata Cak Imin dalam acara Indonesia Leaders Forum di Hotel Bidakara, Jakarta, Kamis (26/04/2018).

Cak imin menganggap dialog antara pemerintah dengan masyarakat sebagai kunci untuk mengedepankan rasa keadilan.

Related Posts
1 of 6

“Sebab, akhir-akhir ini tidak ada dialog dan masing-masing merasa benar dalam satu sistem kebangsaan,” imbuhnya.

Cak Imin menjelaskan, rasa keadilan muncul jika ada nilai-nilai kebersamaan. Rasa saling percaya juga harus dipupuk antara pemerintah dengan rakyat dalam mewujudkan keadilan.

“Dalam konteks itulah rasa keadilan muncul tidak lain karena kebersamaan yang menjadi kebutuhan pokok. Untuk itu tidak ada pilihan harus ada rasa saling percaya,” terangnya.

“Hal ini agar pemerintah selaku penguasa benar-benar membuktikan rasa adil, kenyamanan dalam sebuah negara,” pungkasnya. []

Reporter: Tommy

loading...
loading...
Langganan newsletter Kami
Langganan newsletter Kami
Daftar dan dapatkan informasi update dari Kami langsung ke Inbox e-mail Anda
Kamu dapat berhenti berlangganan kapanpun

Maaf Anda Sedang Offline