ISLAMPOS
Media Islam Generasi Baru

Bupati Banyuwangi Ajak PNS Sebarkan Nilai-nilai Islam

Foto hanya ilustrasi, Sumber: Flickr
0

JAKARTA—Abdullah Azwar Anas, Bupati Banyuwangi, mengajak para pegawai negeri sipil di wilayahnya turut menebarkan nilai-nilai atau paham Islam “rahmatan lil ‘alamin” atau Islam yang membawa rahmat bagi seluruh alam.

“Saya tekankan kepada PNS untuk menjadi pilar yang kuat untuk menebarkan prinsip Islam rahmatan lil ‘alamin,” kata Anas, saat memberikan sambutan peringatan Isra Mi’raj di Banyuwangi, Jawa Timur, lansir Antara, Kamis (4/5/2017).

Dalam acara tersebut, menurut Anas, selain menebar inspirasi nilai-nilai keislaman yang terbuka dan menghargai perbedaan, “Islam rahmatan lil ‘alamin” bagi PNS juga harus dimaknai keikhlasan untuk mewujudkan pelayanan publik yang baik.

“Yang harusnya sudah ‘stand by’ di kantor jam 7 pagi untuk melayani, ya jangan sampai telat. Yang dokter, seharusnya datang pukul 08.00, ya jangan datang telat sehingga pasien tidak menunggu,” ujarnya.

Anas menegaskan bahwa peringatan Isra Miraj jangan dijadikan sekadar ritual peringatan agama, namun menyiratkan pentingnya penguasaan ilmu pengetahuan bagi umat.

Bagi Anas, bulan Rajab (bulan dalam kalender Islam di mana peringatan Isra Miraj terjadi) adalah bulan ilmu pengetahun. Di mana dalam peristiwa tersebut, Nabi Muhammad melakukan perjalanan dari Masjidil Haram menuju Masjidil Aqsa, kemudian dilanjutkan ke langit Sidratul Muntaha untuk menerima pesan menjalankan perintah shalat.

“Saat itu bahkan ada yang bilang itu perbuatan sihir, mana mungkin perjalanan dilakukan dalam semalam. Namun sekarang, hal itu bisa dinalar, bisa dihitung secara fisika dengan teori relativitas cahaya. Jadi, bagi saya ini tidak hanya menyangkut keyakinan, tapi peristiwa ini bicara tentang ilmu pengetahuan,” kata Anas. []

Langganan newsletter Kami
Langganan newsletter Kami
Daftar dan dapatkan informasi update dari Kami langsung ke Inbox e-mail Anda
Kamu dapat berhenti berlangganan kapanpun
loading...
loading...