Bikin Badan Sehat Luar Dalam, Ini Segudang Manfaat Daun Sirih Merah

Bikin Badan Sehat Luar Dalam, Ini Segudang Manfaat Daun Sirih Merah 1

Ilustrasi. Foto: Pelita Riau

DAUN sirih merupakan salah satu tanaman herbal paling berkhasiat. Tidak hanya untuk kesehatan, daun sirih juga memiliki khasiat dalam merawat kulit dan wajah. Banyak deh manfaatnya.

Manfaat daun sirih untuk kesehatan sudah diakui sejak lama. Daun sirih ternyata mengandung vitamin C, tiamin, niasin, riboflavin, dan karotin yang tinggi. Selain itu, daun sirih juga merupakan sumber kalsium yang tinggi.

Manfaat daun sirih dapat diperoleh dengan mudah. Daun sirih tidak mahal, bahkan tanaman ini bisa tumbuh di sekitar rumah. Jenisnya ada dua, yakni daun sirih merah dan daun sirih hijau.

BACA JUGA: Daun Bidara, Ini Manfaatnya bagi Kesehatan

Berikut manfaat daun sirih merah untuk kesehatan:

Mengobati sakit perut

Manfaat daun sirih merah pertama yaitu dapat mengobati sakit perut. Kandungan terpenoid dan klavikula pada daun sirih merah bisa mengobati sakit perut. Minum air rebusan 7 lembar daun sirih dan 3 kali sehari untuk menyembuhkan gangguan pada perut.

Dapat mengobati luka bakar ringan

Manfaat daun sirih merah juga bisa mengobati luka bakar ringan. Alkaloid, antioksidan, dan vitamin C pada sirih merah akan membantu meredakan peradangan di area kulit yang terbakar. Hancurkan 3-5 daun sirih merah, kemudian campur dengan 2 sendok teh madu, dan letakkan di kulit yang terbakar 2 kali sehari.

Obat gusi berdarah

Jika gusi kamu berdarah, maka manfaat dau sirih merah dapat mengatasinya. Kandungan saponin, tanin, kalsium, dan mineral fosfor akan meredakan peradangan pada gusi berdarah. Rebus 10 lembar daun sirih merah dan gunakan airnya untuk kumur 3 kali sehari.

Menghentikan mimisan

Manfaat daun sirih merah juga dapat menghentikan mimisan yang keluar dari hidung. Kandungan fenil poppies dan terpene pada sirih merah akan membantu menghentikan pendarahan hidung. Cukup gulung selembar sirih, kemudian masukkan ke lubang hidung yang mimisan.

Pengobatan tukak lambung

Manfaat daun sirih merah selanjutnya juga bisa digunakan dalam pengobatan tukak lambung. Daun sirih merah dan kandungan vitamin C serta zat anti-septiknya mampu melawan kuman yang menyebabkan tukak lambung. Kunyah 1-2 lembar daun sirih merah, kulum selama 10 menit, kemudian dibuang. Lakukan minimal 2 kali sehari.

Mengobati tumor

Senyawa antioksidan, flavonoid, dan terpenoid yang ada di sirih merah dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Ketika sistem kekebalan meningkat, maka sel-sel darah putih tubuh akan dapat menghancurkan zat-zat karsinogenik atau tumor berbahaya dari tubuh.

BACA JUGA: 12 Bahan Alami yang Bisa Putihkan Gigi

Mengobati nyeri

Manfaat daun sirih pertama yaitu dapat mengobati nyeri. Daun sirih tinggi akan chavicol yang berfungsi sebagai zat anti inflamasi. Meminum air rebusannya akan membantu meringankan nyeri di dalam tubuh.

Mengobati gangguan pencernaan

Manfaat daun sirih juga bisa digunakan untuk mengobati gangguan pencernaan. Minum air rebusan daun sirih akan membantu penyerapan mineral dan nutrisi. Sementara mengurapi perut dengan minyak daun sirih bermanfaat untuk memperlancar pencernaan.

Mengurangi bau badan

Manfaat daun sirih juga bisa mengurangi bau badan. Estradiol dan klavikula dalam sirih merah akan mengontrol produksi hormon dan kelenjar keringat. Konsumsi air rebusan daun sirih setiap hari dan terapkan 2 lembar daun sirih merah yang sudah ditumbuk ke area ketiak secara teratur.

Obat asam urat

Salah satu manfaat daun sirih yaitu dapat menjadi obat asam urat. Daun sirih merah akan meredakan nyeri otot dan melepaskan kristal asam urat dalam tubuh. Rebus 8 lembar daun sirih muda dengan 500 ml air hingga tersisa 3 gelas. Minum segelas 3 kali sehari. []

SUMBER: DREAM