islampos
Media islam generasi baru

Bersikap Responsif, Kwarnas Pramuka Kirim Relawan dan Bantuan Pangan ke Afrika

Foto: Pramuka
0

JAKARTA–Beberapa negara di wilayah Afrika, kini sedang mengalami bencana kelaparan dan kekeringan. Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pamuka akan mengirimkan salah satu Andalan Nasional terbaiknya pada Kamis (30/3/2017), untuk mengunjungi posko pengungsian dan membantu warga yang terdampak.

Misi yang dilakukan dalah bagian dari aksi kesukarelawanan Internasional Gerakan Pramuka dalam program kemanusiaan dunia.

Perwakilan Gerakan Pramuka itu akan bertolak ke Negara Somalia, Sudan, Sudan Selatan, Kenya, Ethiopia, Afrika Tengah, Uganda, Kongo, Angola, dan Nigeria.

Kwarnas sudah menyiapkan sejumlah bantuan yang akan didistribusikan bersama tim kemanusiaan lainnya yang sedang bertugas di daerah tersebut. Bantuan itu berupa beras, lauk pauk, oil cooking, susu dan air bersih.

Eko Sulistio, Andalan Nasional Gerakan Pramuka Bidang Pengabdian Masyarakat dan Siaga Bencana merupakan personil yang dipilih untuk melaksanakan misi kemanusiaan kali ini.

Eko adalah orang yang berpengalaman, sebelumnya ia pernah melakukan misi yang sama ke benua Afrika sebanyak tujuh kali.

Berbagai persiapan tetap harus ditempuh, terutama persiapan fisik, mental dan perizinan. Pasalnya, untuk melakukan misi kemanusiaan di negara-negara Afrika bisa disebut rumit, karena pemerintah setempat membatasi ruang gerak relawan dan warga asing dengan aturan yang ketat.

“Ada rasa bangga tersendiri bila kehadiran Gerakan Pramuka memberikan manfaat bagi kemanusiaan dunia,” ungkap Eko, di Kantor Kwarnas Gerakan Pramuka, Jakarta Pusat, Rabu (29/3/2017)

Sementara itu, Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka Adhyaksa Dault‎ mengaku bangga dengan peran Gerakan Pramuka menjadi bagian dari aksi kemanusiaan Internasional.

“Sebelumnya gerakan pramuka juga sudah menyalurkan bantuan untuk para pengungsi Rohingnya, Myanmar. Kemudian untuk pembangunan masjid Indonesia di Myanmar bekerja sama dengan KBRI di Yangon,” kata Adhyaksa.

Gerakan Pramuka, menurut Adhyaksa, dituntut untuk selalu bergerak cepat membantu masyarakat dalam segala hal.

“Pramuka harus selalu responsif di manapun berada. Semoga aksi pramuka bisa membawa nama baik Indonesia di mata internasional,” katanya.

Mantan Menpora ini berpesan kepada Eko Sulistio agar berhati-hati dalam menjalankan tugasnya karena daerah yang akan didatangi merupakan daerah konflik. []

Sumber: Pramuka

loading...
loading...