Berinteraksi dengan Ayat-ayat Allah, Begini Nih Caranya

Foto: www.marhba.com
0

ALLAH SWT telah menurunkan Al-Quran kepada Nabi Muhammad ﷺ sebagai petunjuk bagi manusia. Di dalamnya terdapat ayat-ayat Allah, yang sudah dapat dipastikan kebenarannya. Kita bisa mengetahui segala sesuatu dengan membaca ayat Allah itu. Dan permasalahan pun dapat kita atasi, juga dengan membaca ayat Allah.

Selain dapat memberikan petunjuk pada jalan kebenaran, berinteraksi dengan ayat-ayat Allah juga akan meninggikan derajat kita di surga dan bersama para malaikat yang mulia. Sebagaimana sabda Rasulullah ﷺ, “Orang yang membaca Al-Quran dan ia mahir membacanya, ia bersama para malaikat yang mulia,” (HR. Muslim).

Dalam hadis lain Rasulullah ﷺ bersabda, “Dikatakan kepada Shahibul Quran (di akhirat), ‘Bacalah Al-Quran dan naiklah (ke surga) serta tartilkanlah (bacaanmu) sebagaimana engkau tartilkan sewaktu di dunia. Sesungguhnya, kedudukan dan tempat tinggalmu (di surga) berdasarkan akhir ayat yang engkau baca,” (HR. At-Tirmidzi).

Lalu, bagaimana caranya berinteraksi dengan ayat-ayat Allah SWT?

1. Carilah mushaf yang perjuz. Ambil Al-Quran satu juz untuk Anda pada hari itu. Gunakanlah waktu luang untuk membaca walau hanya beberapa ayat.

2. Segerakanlah shalat. Jadikan waktu antara adzan dan iqamah untuk membaca Al-Quran.

3. Letakkan Al-Quran di dalam mobil. Baca Al-Quran sebelum masuk ke rumah sehingga Anda masuk ke rumah dalam keadaan membaca Al-Quran.

4. Letakkan kaset murattal Al-Quran di dalam mobil dan dengarkanlah melalui audio mobil Anda.

5. Dengarkan Al-Quran walaupun hanya sebentar dalam perjalanan berangkat bekerja dan pada saat kembali ke rumah.

6. Segerakanlah shalat Jumat. Gantikan hari-hari waktu seminggu yang Anda tidak membaca Al-Quran.

7. Bagi ibu-ibu rumah tangga, sambil bekerja merapikan peralatan, masak makanan, bunyikanlah murattal Al-Quran agar waktu di rumah tidak terbuang sia-sia.

8. Masukkan program Al-Quran ke dalam komputer agar bisa membacanya walau hanya beberapa ayat.

9. Bacalah ayat-ayat Al-Quran yang sudah dihafal saat berjalan ke tempat kerja, atau ke tempat yang lainnya.

10. Letakkan mushaf Al-Quran di samping tempat tidur. Selesaikanlah hizb (batas membaca Al-Quran) harian Anda sebelum tidur sehingga Anda mengakhiri hari Anda dengan ayat Al-Quran. []

Referensi: Bermalam di Surga/Karya: Dr. Hasan Syam Basya/Penerbit: Gema Insani Jakarta 2015

loading...
loading...