ISLAMPOS
Media Islam Generasi Baru

Bercanda juga Ada Batasnya

0

BIASANYA ketika kita sedang kumpul bersama teman, kita sering bercanda dalam berbagai hal. Dalam bercanda ini berbeda dengan sabar, karena sabar itu tidak ada batasnya. Tetapi jika bercanda, meskipun bersama teman sendiri yang sudah akrab kita harus bisa membatasinya.

BACA JUGA: Aksi Bercanda Berlebihan, Apa Hukumnya Dalam Islam?

Dengan bercanda semaunya, mungkin bisa jadi dengan bercanda yang terlalu berlebihan bisa menyinggung hati seseorang. Terutama dengan hati seorang perempuan. Karena, hati perempuan itu terlalu lembut untuk hal yang berlebihan yang bisa membuat sakit hati.

Hal ini tidak dilarang oleh Allah selama kita melakukannya dengan tidak berlebihan. Rasulullah juga pernah bercanda.

“Aku belum pernah melihat Rasullullah Salallahu ‘alaihi Wa Salam tertawa terbahak-bahak hingga kelihatan amandelnya, namun beliau hanya tersenyum.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Nah, dalam hadis ini dapat kita ambil. Jika kita mau bercanda, kita harus bisa menempatkan dan memikirkan orang lain apakah akan menyinggung hati seseorang atau tidak?

BACA JUGA: Bercanda juga Ada Etikanya Lho!

Dalam hal bercanda ini juga ada syariatnya. Jika kita bercanda untuk menghilangkan kepenatan, kebosanan ataupun hal yang mungkin membuat kita stres terhadap hal itu. Sehingga kita bisa bersemangat lagi, itu diperbolehkan. []

SUMBER : MUSLIMAH

Artikel Terkait :

loading...
loading...

Sponsored

Comments
Loading...

Maaf Anda Sedang Offline

Send this to a friend