ISLAMPOS
Media Islam Generasi Baru

Berbuat Baik Memanjangkan Umur, Benarkah?

Foto: Adam/Islampos
0

BERBUAT baik pada tetangga termasuk akhlak yang menyebabkan panjang umur. Aisyah RA meriwayatkan sabda Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam.
“Silaturahmi, berakhlak mulia dan berbuat baik kepada tetangga dapat memakmurkan rumah menambah panjang umur.” (HR. Ahmad)

Banyak dari kita yang lupa atau pura-pura lupa tentang hak-hak tetangga, apalagi sampai berkunjung atau berbuat baik pada mereka. Kita sering menyaksikan sebagian orang yang tinggal bertahun-tahun lamanya di suatu tempat, tapi tidak mengetahui mana tetangganya.

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam pernah bersabda, “Jibril selalu berwasiat agar aku berbuat baik pada tetanggaku, sampai-sampai aku mengira ia akan mewariskannya padaku.” (HR. Bukhari)

Karena itu saudaraku, hendaknya kita tidak meremehkan hak-hak bertetangga. Perbanyaklah silaturahim yang didasari keikhlasan. Berbuat baiklah pada tetanggamu, saling memberilah masukan dan saling menasihatilah dalam kebaikan. Dengan begitu, kita dapat merasakan manis dan sempurnanya iman selain diperpanjang umur kita dalam ketakwaan. Abu Syuraih al-Khuzai meriwayatkan sabda Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam.

“Barangsiapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir maka hendaklah dia berbuat baik pada tetangganya.” (HR. Muslim).[]

loading...
loading...