islampos
Media islam generasi baru

Berapakah Ukuran Zakat Fitrah?

Foto: Abu Umar/Islampos
0

TANYA: Berapakah Ukuran Zakat Fitrah?

Jawab:

PARA ulama sepakat bahwa kadar wajib zakat fitrah adalah satu sho’ dari semua bentuk zakat fitrah kecuali untuk qomh (gandum) dan zabib (kismis) sebagian ulama membolehkan dengan setengah sho’. Dalil dari hal ini adalah hadits Ibnu ‘Umar yang telah disebutkan bahwa zakat fitrah itu seukuran satu sho’ kurma atau gandum.

Dalil lainnya adalah dari Abu Sa’id Al Khudri radhiyallahu‘anhu, ia mengatakan, “Dahulu di zaman Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam kami menunaikan zakat fithri berupa 1 sho’ bahan makanan, 1 sho’ kurma, 1 sho’ gandum atau 1 sho’ kismis,” (HR. Bukhari no. 1508 dan Muslim no. 985). Dalam riwayat lain disebutkan, “Atau 1 sho’ keju,” (HR. Bukhari no. 1506 dan Muslim no. 985).

Satu sho’ adalah ukuran takaran yang ada di masa Nabi shallallahu‘alaihi wa sallam. Para ulama berselisih pendapat bagaimanakah ukuran takaran ini. Lalu mereka berselisih pendapat lagi bagaimanakah ukuran timbangannya. Satu sho’ dari semua jenis ini adalah seukuran empat cakupan penuh telapak tangan yang sedang.

Ukuran satu sho’ jika diperkirakan dengan ukuran timbangan adalah sekitar 3 kg. Ulama lainnya mengatakan bahwa satu sho’ kira-kira 2,157 kg. Artinya jika zakat fitrah dikeluarkan 2,5 kg seperti kebiasan di negeri kita, sudah dianggap sah. Wallahu a’lam. []

Sumber : E-Book Panduan Ramadhan Bekal Meraih Ramadhan Penuh Berkah, Penulis Muhammad Abduh Tuasikal, ST, MSc

loading...
loading...