ISLAMPOS
Media Islam Generasi Baru

Bentuk Solidaritas, Muslim Mesir Donorkan Darah untuk Korban Teror Minggu Palma

Foto: Al Arabiya
0

KAIRO—Minggu (9/4/2017) lalu, pengeras suara di Kota Kairo, Mesir, bersahut-sahutan. Darinya terdengar ajakan agar para Muslim membantu korban teror di Tanta, Kota Delta Nil, dengan mendonorkan darahnya.

Mohammed Ahmad Hassan, salah satu warga yang tinggal di kawasan Tanta, menjelaskan bahwa suara pengeras suara digunakan untuk meminta tolong agar orang-orang menuju masjid dan mendonorkan darah bagi para korban ledakan bom di Gereja St George.

Warga setempat berduyun-duyun pergi ke masjid-masjid di Tanta untuk mendonorkan darah mereka, hal ini dilakukan menyusul stok darah di sejumlah rumah sakit yang mulai menyusut.

“Ratusan kantong darah dibawa ke bank darah dan rumah sakit umum tempat para korban dirawat,” ujar Hassan, sebagaimana dilansir Al-Arabiya.

Seperti diketahui, terjadi sebuah ledakan di Gereja St George di Tanta pada saat umat Kristen Koptik mengikuti ibadah Minggu Palma. Sedikitnya 27 orang tewas dan 78 orang lainya luka-luka.

Ledakan kedua terjadi beberapa jam setelah Gereja St George. Ledakan kedua terjadi di Gereja Katedral Saint Mark di Alexandria, gereja bersejarah dan tempat Paus Koptik bertugas. Sebanyak 17 orang tewas, termasuk 3 polisi, serta melukai 41 orang.

Paus gereja Koptik, Tawadros, yang menghadiri misi di Gereja Katedral Saint Mark, selamat dari serangan tersebut. Ia tidak terluka saat berada di dalam gedung gereja dan ledakan terjadi.

”Aksi ini tidak akan melukai persatuan dan kesatuan masyarakat,” kata Paus Tawadros kepada media massa. []

loading...
loading...