Bentrok di Gaza dan Tepi Barat, 231 Warga Palestina Luka Parah

0

PALESTINA—Sebanyak 231 warga Palestina dilaporkan telah terluka dalam konfrontasi yang kembali pecah antara tentara Israel dan pemuda Palestina di Tepi Barat pada Sabtu (9/12/2017).Konfrontasi pecah menyusul dimulainya Intifadhah Kebebasan al-Quds (Yerusalem), sebagai protes atas keputusan Presiden AS Donlad Trump yang mengakui kota al-Quds sebagai ibu kota Israel.

Bulan Sabit Merah (BSM) Palestina mengatakan, tim telah menangani sebanyak 231 warga Palestina yang terluka sepanjang hari Sabtu kemarin. Sebanyak 171 di antara di Tepi Barat dan 60 di Jalur Gaza, PIC melaporkan.

Di antara korban ada 12 warga Palestina yang terluka tembak peluru organik, 24 terluka tembak peluru karet, 172 terkena tembak gas air mata hingga mengalami sesak nafas dan pingsan.

Di Tepi Barat, konfrontasi terjadi di sejumlah titik sehingga puluhan warga menjadi korban. Pasukan penjajah Israel menyebar di mana-mana, menghadang aksi-aksi massa yang dilakukan warga yang mengekspresikan kemarahan mereka atas keputusan sepihak Trump.

Di al-Quds, 12 warga terluka setelah tentara Israel bertindak represif terhadap pawai di jalan Shalahuddin di al-Quds, setelah warga keluar turun jalan memprotes deklarasi Trump, yang mengakui al-Quds sebagai ibukota penjajah Israel. Sebanyak 11 warga tangkap tentara Israel.

Di Jalur Gaza, para pemuda Palestina kembali menggelorakan Intifadhah Kebebasan al-Quds di timur Jalur Gaza, sebagai protes atas keputusan Washington tersebut.

Pasukan penjajah Zionis menghujadi tembakan peluru organik, peluru karet dan meriam gas air mata ke arah warga yang mendekati pagar keamanan yang memisahkan wilayah timur Jalur Gaza dengan wilayah Palestina yang diduduki Israel sejak tahun 1948. Konfrontasi terjadi hampir di sepanjang perbatasan timur Jalur Gaza.

Sehari sebelumnya, Jum’at (8/12/2017), sebanyak empat warga gugur dan lebih dari 1100 lainnya terluka dalam konfrontasi yang terjadi di lebih dari 38 titik di Tepi Barat dan Jalur Gaza. Angkatan udara Israel melancarkan serangan ke lokasi-lokasi perlawanan setelah meledak Intifadhah Kebebasan al-Quds. []

loading...
loading...
Langganan newsletter Kami
Langganan newsletter Kami
Daftar dan dapatkan informasi update dari Kami langsung ke Inbox e-mail Anda
Kamu dapat berhenti berlangganan kapanpun

Maaf Anda Sedang Offline