islampos
Media islam generasi baru

Bencana Kelaparan Semakin Parah, PKPU Berangkatkan Tim Bantuan Kemanusiaan ke Somalia

Foto: The Fifth Column
0

JAKARTA–Bencana kelaparan di sejumlah negara benua Afrika, terutama pengungsi Somalia. Kini menjadi sorotan relawan kemanusiaan seluruh dunia, dengan sigap mengirimkan bantuan kepada para korban bencana kelaparan.

Organisasi kemanusiaan Pos Keadilan Peduli Ummat (PKPU), akan memberangkatkan tim ke Somalia untuk memberikan bantuan kemanusiaan pada pekan ini.

“Target kami rencananya pekan ini mau berangkat berikan bantuan kemanusiaan,” kata Direktur Pendayagunaan (Program) PKPU Tomy Hendrajati.

Tommy menambahkan, PKPU sendiri sudah dua pekan lalu secara intensif melakukan koordinasi dengan mitra lokal di Somalia, yaitu Zam Zam Foundation. Sebab, keduanya sudah sejak 2010 berkoordinasi untuk dapat memberikan bantuan.

Bahkan, pada fase awal krisis kelaparan 2010 lalu, PKPU sudah bisa mendistribusikan sejumlah bantuan kemanusiaan. Selain makanan, PKPU memberikan pompa air dan membangunkan sumur, mengingat terjadi pula krisis kekeringan air.

“Biasanya kita tidak membawa bantuan, tapi melakukan pengadaan di sana,” ujar Tomy, dilansir Republika, Senin (13/3/2017).

Saat ini, bantuan logistik berupa makanan dirasa yang paling mendesak, terutama di daerah krisis terparah, Hargeisa yang langsung berbatasan dengan Djibouti. Belakangan ini kekeringan kembali terjadi di daerah tersebut, sehingga krisis yang terjadi tidak cuma makanan.

PKPU rencananya akan mengirimkan tim berjumlah dua orang yang merupakan tim advance. “Sekarang kekeringan, jadi tidak ada air tidak ada makanan, semakin ekstrem krisisnya,” kata Tomy. []

loading...
loading...