ISLAMPOS
Media Islam Generasi Baru

Benarkah Kopi Membahayakan Kesehatan?

0

Advertisements

Assalamuallaikum Warohamtullahi Wabarakatuh,

DOK, mohon penjelasan, sebenarnya apakah kopi benar-benar membahayakan kesehatan?

YF

Wassalamuallaikum Warahamtullahi Wabarakatuh,

KOPI adalah salah satu minuman paling populer. Dari belahan dunia manapun, dari usia tua sampai muda banyak yang menggemarinya.

Sama seperti makanan dan minuman yang lain, kopi juga memiliki khasiat sekaligus efek negatifnya. Khasiatnya antara lain untuk meningkatkan stamina, mencegah kantuk, menambah konsentrasi dan menimbulkan rasa tenang.

Bersamaan dengan itu, kopi juga punya efek negatif karena kandungan kafeinnya. Antara lain meningkatkan produksi asam lambung, jadi tidak boleh bagi penderita maag kronis. Meningkatkan aliran darah sehingga jantung berdebar, jadi harus waspada bagi penderita jantung dan darah tinggi.

Ada dua pedoman yang diajarkan agama kita mengenai makanan dan minuman. Pertama tidak boleh berlebihan. Kedua harus berhenti sebelum kekenyangan. Kaitannya dengan minum kopi pun begitu, jika dikonsumsi secukupnya sesuai kebutuhan, tidak masalah. Tapi jika berlebihan, dan bahkan mengurangi porsi minum air putih ( minimal 2 liter perhari ) tentu membahayakan. Wallahualam. []

Artikel Terkait :

loading...
loading...

Sponsored

Maaf Anda Sedang Offline