Beginilah Keutamaan Istighfar

0

MENGUCAPKAN istighfar merupakan salah satu amalan yang diperintahkan Allah SWT yang memiliki banyak keutamaan.

Berikut adalah keutamaan dari mengucapkan dan mengamalkan kalimat istighfar:

Pertama, Mengingat Allah

Mengingat Allah adalah satu-satunya jalan ketika kita tak mampu menempuh sulitnya kehidupan. Dengan beristighfar, kita akan menemukan kedamaian hati, lentera jiwa pun akan memercikkan cahaya cinta-Nya.

Kedua, Takut Berbuat Dosa

Dengan beristighfar, kita menjadi takut untuk berbuat dosa dan senantiasa mengingat Allah agar mendapat ampunan-Nya.

Firman Allah SWT, “Dan hendaklah kamu meminta ampun kepada Tuhanmu dan bertaubat kepada-Nya. (Jika kamu mengerjakan yang demikian), niscaya Dia akan memberi kenikmatan yang baik (terus menerus) kepadamu sampai kepada waktu yang telah ditentukan dan Dia akan memberikan kepada tiap-tiap orang yang mempunyai keutamaan (balasan) keutamaannya. Jika kamu berpaling, maka sesungguhnya aku takut kamu akan ditimpa siksa hari kiamat” (QS Hud : 3)

Ketiga, Tidak Berbuat Sombong

Orang yang bibirnya senantiasa dibasahi dengan kalimat istighfar akan terhindar dari sikap sombong, karena ia selalu menyadari bahwa tak ada yang dapat disombongkan dalam diri manusia. Ia paham, manusia hanyalah makhluk lemah yang membutuhkan ampunan dan pertolongan dari Allah SWT.

Keempat, Hati Lebih Tenang

Dengan mengingat dan memohon ampunan kepada Allah tentu hati kita akan menjadi tenang. Seperti Firman Allah, “Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah-lah hati akan menjadi tenteram (tenang).” (QS. Ar-Ra’d: 28)

Kelima, Mendapatkan Ampunan Allah SWT

Firman Allah, “Dan Allah sekali-kali tidak akan mengazab mereka, sedang kamu berada di antara mereka. Dan tidaklah (pula) Allah akan mengazab mereka, sedang mereka meminta ampun” (QS Al Anfal : 33)

Keenam, Mudah Memaafkan

Firman Allah: “Dan jika kamu memaafkan dan tidak memarahi serta mengampuni (mereka) maka sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang” (QS Attaghabun : 14)

Jadi buat para sahabat, lebih baik banyak istighfar daripada repot-repot banyak gaya. Istighfar untuk masa lalu, bersyukur untuk hari ini, dan berdoa untk hari esok. Indah bukan? Wallahu a’lam []

Dari berbagai sumber.

loading...
loading...
Langganan newsletter Kami
Langganan newsletter Kami
Daftar dan dapatkan informasi update dari Kami langsung ke Inbox e-mail Anda
Kamu dapat berhenti berlangganan kapanpun

Maaf Anda Sedang Offline