Begini Keutamaan Membaca Al-Qur`an

0

Al-qur’an adalah satu-satunya pedoman manusia, yang kelak akan menyelamatkan di hari kiamat maupun di alam kubur. Sebagai seorang muslim, kita mempunyai kewajiban untuk rutin membaca Al-Qur`an -bahkan menghafalkannya. Tak hanya itu, diwajibkan pula untuk mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Tahukah Anda ternyata membaca Al-Quran itu banyak keutamaannya? Berikut diantaranya:

1. Dijadikan manusia terbaik di sisi Allah

Sabda Nabi Muhammad SAW: “Sebaik-baik kalian adalah siapa yang memperlajari Al-Qur’an dan mengamalkannya.” (HR. Bukhari)

2. Diberikan Kehormatan pada Kedua Orangtuanya

“Siapa yang membaca Al-Qur’an dan beramal dengan isi kandungannya, dianugerahkan kedua ibu bapaknya mahkota di hari kiamat. Cahayanya (mahkota) lebih baik dari cahaya matahari di rumah-rumah dunia. Kalaulah demikian itu matahari berada di rumahmu (dipenuhi dengan sinarnya), maka apa sangkaan kamu terhadap yang beramal dengan ini (al-Qur’an).” (HR. Abu Daud).

3. Mendapat Satu Kebaikan untuk Setiap Satu Huruf yang Dibaca

“Siapa saja membaca satu huruf dari Kitab Allah (Al-Qur’an), maka baginya satu kebaikan, dan satu kebaikan itu dibalas dengan sepuluh kali lipatnya.” (HR. At-Tirmidzi)

Rasulullah saw bersabda: “Barang siapa yang membaca satu huruf kitab Allah, maka ia akan mendapatkan satu kebaikan dengan huruf itu, dan satu kebaikan akan dilipatgandakan menjadi sepuluh. Aku tidaklah mengatakan Alif Laam Miim itu satu huruf, tetapi alif satu huruf, lam satu huruf dan Mim satu huruf.” (HR. Tirmidzi).

“Perumpamaan orang yang membaca al-Qur’an sedang ia hafal dengannya bersama para malaikat yang suci dan mulia, sedang perumpamaan orang yang membaca al-Qur’an sedang ia senantiasa melakukannya meskipun hal itu sulit baginya maka baginya dua pahala.” (Muttafaq ‘alaih).

4. Diberikan Ketenangan

Allah subhanahu wa ta’ala berfirman:

“… dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenteram.” (QS.13:28).

5. Diberi Syafaat di Hari Kiamat Kelak

Diriwayatkan Abu Hurairah, Rasulullah bersabda:

“Siapa yang medengar satu ayat daripada Kitab Allah Ta’ala (al-Qur’an) ditulis baginya satu kebaikan yang berlipat ganda. Siapa yang membacanya pula, baginya cahayanya di hari kiamat.”

6. Menyehatkan Tubuh

“Hendaknya kamu menggunakan kedua obat-obat: madu dan Al-Qur’an” (HR. Ibnu Majah dan Ibnu Mas’ud). Wallahu a’lam. []

Diolah dari DailyMoslem
Redaktur: Jejeh Nurazizah

loading...
loading...
Langganan newsletter Kami
Langganan newsletter Kami
Daftar dan dapatkan informasi update dari Kami langsung ke Inbox e-mail Anda
Kamu dapat berhenti berlangganan kapanpun

Maaf Anda Sedang Offline