islampos
Media islam generasi baru

Menlu-menlu Negara Arab Boikot Pertemuan Liga Arab di Kairo

Foto: ASHARQ AL-AWSAT English
0

KAIRO – Beberapa menteri luar negeri Arab Teluk tidak menghadiri pertemuan Liga Arab di Kairo pada hari Selasa (7/3/2017) untuk mempersiapkan pertemuan KTT Arab yang akan datang di Yordania. Demikian lapor Anadolu Agency.

Menurut sumber-sumber diplomatik negara-negara Arab, pertemuan di Kairo itu hanya dihadiri oleh 14 menteri luar negeri, sedangkan Arab Saudi, Bahrain, Kuwait, Lebanon, Maroko, Yaman dan Somalia menolak untuk hadir.

Sumber yang sama mengatakan bahwa Ahmad al-Qattan, Duta Besar Saudi untuk Mesir dan perwakilan Riyadh untuk Liga Arab, telah menghadiri pertemuan atas nama Saudi, sementara kursi Suriah di liga tetap kosong.

Menurut laporan media Arab, hubungan negara-negara Teluk dengan Mesir di bawah tekanan sejak akhir tahun lalu. Waktu itu Kairo memilih mendukung rancangan resolusi Rusia – yang menentang Riyadh – terkait konflik Suriah.

Menyusul dukungan Mesir untuk Rusia, perusahaan energi negara Saudi Aramco menangguhkan pengiriman minyak ke Mesir. Ini memaksa Kairo membeli minyak dari sumber alternatif.

Saudi sebelumnya menjadi pendukung utama rezim yang melakukan kudeta militer 2013 melawan Muhammad Mursi, Presiden Mesir yang dipilih secara demokratis pertama negara itu dan pemimpin kelompok Ikhwanul Muslimin Mesir. [fq/islampos]

loading...
loading...