ISLAMPOS
Media Islam Generasi Baru

Banyak Pihak Sindir Acara Reuni 212, Hidayat: Itu Ujaran Kebencian

0

JAKARTA— Terkait banyaknya pihak yang menyindir Acara reuni 212, Wakil Ketua MPR RI Hidayat Nur Wahid mengatakan hal tersebut merupakan salah satu penyebab penyebaran kebencian.

“Banyak juga yang menyebarkan kebencian di 212 dengan macam-macam, misalnya ini dianggap sebagai ‘Reuni, memang sekolahnya di mana? Memang punya ijazah pakai reuni? Pakai alumni’. Ini kan kebencian,” ucap HNW seusai acara Reuni 212 di Monas, seperti dikutip dari Detik Sabtu (2/12/2017) kemarin.

Ia menilai sindiran justru berpotensi memecah belah kesatuan bangsa. Sindiran-sindiran tersebut dinilai tidak membantu memelihara kebinekaan.

“Jadi ini ungkapan-ungkapan yang menurut saya tidak membantu, yang kemudian kita betul-betul kuat ke NKRI, kita betul-betul kuat menghargai Bhinneka Tunggal Ika. Kalau kita NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika jangan kayak begitu dong,” ujarnya.

Dia meminta publik mengingat bahwa Reuni 212 ini bukan acara dadakan yang begitu saja terjadi.

“Ya esensinya ini bukan gerakan yang baru dimulai. Ini gerakan yang sudah terbukti di 212 di tahun lalu,” terang Hidayat.

Dia sangat tak setuju apabila kegiatan ini dikaitkan dengan tindakan ekstremisme dan separatis.

“Tindakan tuntutan separatisme melawan NKRI bukan umat Islam lho dan OPM itu, bukan itu bukan dari 212. Jadi, janganlah kalau kita ingin betul-betul tak ingin menyebarkan kebencian, tidak melakukan hate speech, tidak melakukan hoax,” pinta dia.

“Jangan pula memfitnah mereka-mereka yang melakukan gerakan-gerakan seperti 212 ini,”pungkasnya.[]

Langganan newsletter Kami
Langganan newsletter Kami
Daftar dan dapatkan informasi update dari Kami langsung ke Inbox e-mail Anda
Kamu dapat berhenti berlangganan kapanpun
loading...
loading...