ISLAMPOS
Media Islam Generasi Baru

Banyak Hoax Bertebaran, Buya Syafii Imbau Orang Waras Jangan Diam

0

YOGYA–Mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah, Buya Syafii Maarif, menanggapi maraknya berita bohong atau hoax yang saat ini beredar. Buya Syafii menilai, berita hoax tersebut harus dilawan bukan diberi ruang.

“(Muncul) Medsos, ada hoax, dan segala macam itu. Oleh sebab itu menurut saya orang-orang yang waras jangan diam,” ujar Buya Syafii di Yogyakarta, Rabu (9/1/2019).

BACA JUGA: Wiranto Peringatkan Para Pelaku Penyebar Hoax

Buya Syafii menjelask, saat ini media sosial banyak dikuasai oleh orang-orang tak waras. Akibatnya, kata Buya Syafii, timbul kegaduhan di tengah-tengah masyarakat karena termakan berita bohong tersebut.

“Medsos itu dikuasai oleh orang-orang enggak waras. Sebab kalau tidak (dilawan), ini (fenomena hoax) merajalela. Orang-orang yang kalau istilahnya medsos itu sumbu pendek (termakan), itu berbahaya sekali,” tuturnya.

BACA JUGA: Polisi Masih Belum Tahu Motif Pelaku Pembuat dan Penyebar Hoax Surat Suara Tercoblos

Pernyataan serupa disampaikan Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK), Mahfud MD. Menurutnya, saat ini terjadi polarisasi yang tajam di masyarakat, salah satu pemicunya adalah berita bohong.

“Celakanya lagi, ini (polarisasi) disemarakkan dengan berita hoax, berita bohong yang dikapitalisasi sedemikian rupa. Tapi juga diorganisir tampaknya,” pungkas Anggota Dewan Pengarah (BPIP) tersebut. []

SUMBER: DETIK

Artikel Terkait :

loading...
loading...

Sponsored

Comments
Loading...

Maaf Anda Sedang Offline

Send this to a friend