Bantu Lindungi Warisan Budaya Islam, Saudi Sumbang Dana 20 Juta Dolar

0

ARAB SAUDI—Gubernur Makkah Pangeran Khaled Al-Faisal dikabarkan telah menggelontorkan jutaan dolar untuk melindungi warisan suci Islam. Al-Faisal yang juga selaku Kepala Donor Internasional untuk Melindungi Warisan Budaya Islam, mengumumkan bahwa Saudi telah menyumbangkan 20 juta USD untuk perlindungan warisan Islam.

Dana tersebut diberikan untuk membantu melestarikan dan melindungi situs warisan budaya Islam yang terancam punah akibat perang, Arabnews melaporkan pada Selasa (21/3/2017).

Pangeran Khaled mengumumkan sumbangan ini dalam acara pertemuan yang digelar di Prancis pada Senin (20/3/2017).

Dalam sambutannya, Al-Faisal mengatakan ada tantangan besar yang dihadapi berbagai negara Timur Tengah akibat perang. Untuk melestarikan warisan budaya dan sejarah Islam, Saudi berupaya untuk melindungi warisan budaya Islam yang terancam dihancurkan.

Al-Faisal juga menyampaikan tentang inisiatif bersama antara Saudi-UEA-Prancis dan UNESCO dalam melindungi situs warisan Islam global.

Dana tersebut, dengan anggota lebih dari 40 negara, akan memberikan kontribusi untuk mendanai operasi darurat dan memerangi perdagangan ilegal artefak bersejarah yang rusak. Untuk itu, Prancis telah menyumbangkan dana 30 juta USD sedangkan UEA menyumbangkan 15 juta USD. []

loading...
loading...