ISLAMPOS
Media Islam Generasi Baru

Bantah Ikut Campur Urusan Lebanon, Iran: Hariri Didikte Saudi

0

IRAN— Ali Akbar Velayati, Penasihat Kebijakan Luar Negeri Ali Khamenei dikabarkan telah membantah pernyataan PM Lebanon Saad Hariri. Velayati menolak tuduhan Hariri yang disiarkan dalam sebuah wawancara televisi pada Ahad (12/11/2017) yang mengatakan bahwa Velayati mengancam Hariri.

Menurut laporan Nahar Net, Velayati mengatakan pada Selasa (14/11/2017) yang justru menuding pernyataan Hariri di televisi adalah ‘titah’ dari Arab Saudi.

“Pernyataan terakhir Hariri adalah diktat Saudi,” kata Velayati, orang yang sempat bertemu dengan Hariri di Beirut pada Jumat (3/11/2017), sehari sebelum pengunduran diri Hariri sebagai Perdana Menteri Lebanon.

Pada siaran Ahad, Hariri mengatakan bahwa Velayati telah mengancam dirinya saat pertemuan di Beirut. Ia juga mengaku telah meminta Iran untuk tidak mencampuri urusan dalam negeri Lebanon.

“Hariri sama sekali tidak mengatakan dalam pertemuan terakhir kami bahwa Iran seharusnya tidak ikut campur dalam urusan Lebanon,” kata Velayati di Teheran.

Ia menegaskan bahwa dalam pertemuan mereka berdua, Hariri tidak membicarakan campur tangan Iran dalam urusan Lebanon atau ditandai dengan ancaman dan konfrontasi.

“Ucapannya (pada Ahad) didikte oleh orang-orang Saudi yang belum siap membiarkan Lebanon menikmati keamanan dan stabilitas, atau menyaksikan persahabatan antara orang-orang Iran dan Lebanon,” tambah Velayati. []

Langganan newsletter Kami
Langganan newsletter Kami
Daftar dan dapatkan informasi update dari Kami langsung ke Inbox e-mail Anda
Kamu dapat berhenti berlangganan kapanpun
loading...
loading...