Bangladesh akan Relokasi Pengungsi Muslim Rohingya ke Pulau Terpencil

0 217

DHAKA – Pemerintah Bangladesh memutuskan akan meneruskan rencana kontroversial untuk pemukiman kembali puluhan ribu pengungsi Rohingya ke sebuah pulau terpencil.

Dikutip dari BBC, komite yang terdiri dari para pejabat pemerintah sudah dibentuk untuk membantu proses identfikasi dan relokasi ke Pulau Thengar Char, di Teluk Bengal.

Sekitar 250.000 pengungsi Muslim Rohingya selama ini tinggal di Bangladesh namun dalam beberapa bulan belakangan, sekitar 65.000 lainnya tiba setelah pemerintah Myanmar, Oktober lalu, melancarkan operasi militer di negara bagian Rakhine, tempat tinggal sebagian besar Muslim Rohingya.

Operasi dilancarkan setelah serangan atas beberapa pos polisi perbatasan, yang menurut pemerintah Myanmar, dilakukan oleh kelompok militan Rohingya.

Bangladesh mengatakan tidak punya sumber daya untuk mendukung para pengungsi tersebut.

Namun para pemuka masyarakat Rohingya mengatakan upaya pemukiman kembali hanya akan memperburuk kehidupan mereka karena pulau tujuan tidak bisa dijangkau jika sedang gelombang pasang.

Sebagian besar pengungsi Rohingya – yang terdaftar maupun tidak – tinggal dalam kondisi tidak layak di kawasan Cox’s Bazar, dekat perbatasan dengan negara bagian Rakhine.

Bangladesh juga sudah meminta para pejabatnya di perbatasan untuk mengidentifikasi para pengungsi asal Myanmar tersebut.[fq/islampos]

loading...
loading...