ISLAMPOS
Media Islam Generasi Baru

Bagi yang Takut Makan Daging Kambing

Foto: Abu Umar/islampos
0

IDUL Adha atau sering disebut juga sebagai hari raya qurban sudah kita lewati,kira-kira berapa banyak sapi atau kambing yang diqurbankan di daerah Anda? Banyakan mana, yang qurban sapi atau kambing?  Pastinya lebih banyak yang qurban kambing. Itu bisa dilihat karena harga kambing lebih murah dibanding harga sapi.

Meski banyak yang qurban kambing, ada  sekelompok orang yang menghindari daging kambing dengan alasan kolestrolnya yang tinggi.

Padahal tidak ada bukti bahwa daging kambing mempunyai kandungan lemak terutama lemak jenuh yang lebih tinggi dibandingakan dengan jenis daging merah lainnya. Sebaliknya penelitian membuktikan bahwa daging kambing mempunyai kandungan lemak yang lebih rendah dibandingkan dengan daging domba atau sapi.

Memang sebagian orang yang memiliki darah tinggi dan kolesterol dianjurkan untuk tidak memakan daging kambing. Namun ada beberapa hal yang perlu diketahui bahwa sebenarnya kita bisa mengkonsumsi olahan daging kambing tanpa harus takut terkena penyakit yang macam-macam. Misalnya  daging kambing diolah sebagai sup, sate dan steak.

Selain itu, banyaklah minum jus buah-buahan yang berserat dan kadar gulanya rendah usai makan daging kambing sebagai penetral, serta jangan mengkonsumsi daging kambing secara berlebihan.

Dengan berbagai olahannya, daging kambing juga memberikan banyak manfaat bagi tubuh, diantaranya adalah :

Pengontrol berat badan, daging kambing memiliki lemak paling rendah dibanding daging sapi, babi dan ayam. Rendahnya lemak dalam daging sapi membantu Anda mengendalikan berat badan, sehingga menurunkan risiko obesitas yang memicu penyakit jantung dan diabetes tipe 2. Dalam setiap 100 gram daging kambing mentah hanya memiliki 109 kalori dan 21 gram protein. Menurut penelitian Harvard School of Public Health, protein dalam daging kambing juga membantu menekan rasa lapar, sehingga Anda makan lebih sedikit.

Mencegah anemia, daging kambing juga tinggi akan zat besi. Zat besi merupakan mineral penting untuk mencegah anemia, yang menjadi ancaman bagi wanita subur. Seporsi daging kambing juga cukup membantu menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh karena asupan kalium dari daging. Bahkan, daging kambing mengandung vitamin B12 yang amat penting untuk kesehatan sel darah merah dan niasin (vitamin B3).

Menyehatkan jantung, keunggulan lain dari daging kambing adalah hanya memiliki kurang dari 1 gram kolesterol dalam setiap 100 gram daging. Daging kambing merupakan pilihan terbaik untuk disantap dalam bentuk steak, burger atau lainnya. []

loading...
loading...