ISLAMPOS
Media Islam Generasi Baru

Bagaimana Cara Meminang Hati Anak?

Foto: Shutterstock
0

Tidak ada seorang pun yang tidak mengidamkan rumah penuh cita dan kasih sayang. Ini tips sebagai jembatan menjadikanmu berkesan di hati anak-anakmu.

1. Hormati anakmu, berikan motivasi, tumbuhkan dalam diri mereka rasa percaya diri sehingga mereka bisa berhasil dalam kehidupan.
2. Ajari sikap optimis, tawakal kepada Allah SWT setelah beramal, dan niat ikhlas dalam setiap pekerjaan.
3. Sampaikan bahwa kamu bangga terhadap mereka. Ungkapkan bahwa mereka adalah anak-anakmu, buah hatimu, dan kamu akan mebesarkan mereka di jalan yang baik, dengan izin Allah.
4. Berikan kebebasan berekspresi, seperti saat memilih baju, mainan, dan yang lainnya. Pantau perilaku mereka dari batasan-batasannya.
5. Jadwalkan waktu khusus untuk berbicara dengan mereka walaupun hanya beberapa menit. Bacakan untuk mereka buku ini atau buku lain yang bermanfaat.
6. Dengarkan keluhan mereka. Jangan abaikan pembicaraan mereka. Pandanglah dengan penuh kehangatan dan kasih sayang ketika mereka bercerita sehingga mereka puas mencurahkan isi hati mereka.
7. Sampaikan kepada mereka tantang pelajaran yang telah kamu dapatkan dari mereka. Ambillah faedah dari perilaku mereka. Jika kamu mengajari anak untuk shalat berjamaah, sampaikan keutamaannya.
8. Jangan memperjualbelikan perasaan anak-anakmu. Jangan jadikan kecintaan kepada mereka bersyarat. Misalnya, ketika mereka mendapatkan juara di sekolah atau kalau mereka mau mengerjakan sesuatu. Hendaknya kecintaanmu kepada mereka tidak terbatas.
9. Jangan hina anakmu, seperti mengatakan kurang ajar atau semisalnya. Ajari ia bahwa perilaku seperti itu tidak kamu senangi dan kamu senantiasa mencintainya.
10. Perdengarkanlah anak-anakmu kalimat cinta atau pujian walau pun secara tidak langsung. Misalnya, dalam percakapan dari kamar sebelah.
11. Bukanlah setiap hari dengan lembaran baru. Lupakan kesalahannya yang telah terlewat. Berikan kesempatan baru bagi anak-anakmu setiap harinya.
12.Tunjukkan penghormatan yang tinggi untuk ibunya angkat kedudukannya di depan anak-anak karena mereka tidak akan memintakan ampunan untukmu kalau kamu menyakiti ibunya. []

Sumber: Bermalam di Surga/ Dr. Hasan Syam Basya/ Gema Insani

loading...
loading...