Badan Akreditasi Halal Turki Siap Layani Konsumen Dunia

0

ISTANBUL— Pemerintah Turki memberikan proposal parlemen untuk membentuk badan itu, yang akan ke depannya berencana membuka cabang di seluruh dunia.

Badan akreditasi halal itu akan menegakkan standar, melindung konsumen produk halal dan mendorong perdagangan internasional.

Dalam sebuah pernyataan tertulis, Presiden Recep Tayyip Erdogan mengatakan pengelolaan sertifikasi halal melalui satu lembaga tertentu penting bagi umat Muslim seluruh dunia.

Badan akreditasi halal pertama Turki nanti siap melayani konsumen Muslim di seluruh dunia, kata Menteri Ekonomi Nihat Zeybekci pada Kamis.

Badan itu dijadwalkan buka akhir tahun ini dan bertujuan melayani produk-produk halal di pasar global yang memiliki nilai hingga USD 3,9 triliun.

“Permintaan dari konsumen, sebanyak 1,8 miliar orang, untuk produk-produk bersertifikasi halal semakin meningkat,” kata Zeybekci di acara World Halal Summit Istanbul.

Dia mengatakan permintaan untuk produk halal, yang diproduksi sesuai dengan hukum Islam berdasaran Quran, tidak bisa dipenuhi semuanya oleh negara-negara Islam.

“Kita bisa memproduksi jauh lebih banyak dari jumlah sekarang,” lanjutnya.

“Tanggung jawab menentukan standar, mengatur sistem pengecekan dan evaluasi serta prosedur sertifikasi produk-produk halal harus dilakukan oleh negara-negara Islam.”

Acara World Halal Summit Istanbul yang berlangsung hingga Sabtu dihadiri pembicara dari lebih dari 80 negara yang akan merundingkan hal-hal terkait dengan produk makanan halal, obat-obatan halal serta perbankan dan wisata syariah Demikian Seperti dilansir dari AnadoluAgency.[]

loading...
loading...
Langganan newsletter Kami
Langganan newsletter Kami
Daftar dan dapatkan informasi update dari Kami langsung ke Inbox e-mail Anda
Kamu dapat berhenti berlangganan kapanpun

Maaf Anda Sedang Offline