‘Aung San Suu Kyi Janji Segera Selidiki Pelanggaran HAM Rohingya’

Foto: radioaustralia
0 175

MYANMAR—Presiden Myanmar Aung San Suu Kyi dilaporkan telah berjanji untuk menyelidiki tindakan kekejaman terhadap Muslim Rohingya seperti yang dituduhkan PBB, Radioaustralia melaporkan pada Sabtu (4/2/2017).

PBB telah meluncurkan laporan penyelidikan telah yang diterbitkan pada Jumat (3/2/2017). Isinya menjelaskan bahwa pasukan keamanan dan polisi Myanmar terlibat pada aksi pembunuhan massal dan pemerkosaan, saat aksi pembakaran sebuahdesa di negara bagian Rakhine utara.

“Saya telah berbicara dengan Aung San Suu Kyi sekitar satu jam setengah yang lalu. Saya meneleponnya agar segera menekan militer dan pihak keamanan Myanmar untuk mengakhiri operasi tak berperikemanusiaan ini,” ungkap Komisaris Tinggi HAM PBB  Zeid Raad al-Hussein.

“Suu Kyi lalu memberitahu saya bahwa penyelidikan akan segera dilakukan. Ia juga mengatakan bahwa mereka memerlukan informasi lebih lanjut,” tambah al-Hussein.

“Ini adalah tuduhan yang sangat serius. Kami sangat prihatin dan segera menyelidiki dugaan tersebut melalui komisi investigasi yang dipimpin oleh Wakil Presiden U Myint Swe. Jika ditemukan bukti yang jelas tentang pelanggaran ini, maka kami akan mengambil semua tindakan yang diperlukan,” ungkap juru bicara kepresidenan Zaw Htay di Yangon.

Sejak 9 Oktober 2016, sekitar 69 ribu warga Rohingya telah melarikan diri ke Bangladesh. Laporan PBB ini berdasarkan pengakuan dari 220 saksi pada Januari 2017. []

loading...
loading...