ISLAMPOS
Media Islam Generasi Baru

Atur Keuangan Keluarga, Terapkan Prinsip Ini Saja!

0

Advertisements

MASALAH keuangan merupakan sesuatu yang krusial dalam keluarga.Banyak rumah tangga yang mengalami prahara dikarenakan masalah  ekonomi dan keuangan keluarga. Jika Anda ingin terhindar dari hal yang membahayakan keluarga tersebut, prinsip berikut ini perlu Anda ketahui:

Sebagaimana yang dipaparkan dalam seri buku Perencanaan Keuangan keluarga Mandiri, prinsip –prinsip tersebut adalah sebagai berikut:

Family firs and the only one. Maksudnya adalah tempatkan kepentingan keluarga diatas kepentingan pribadi. Jadi, jika ingin memakai uang keluarga harus dipikirkan terlebih dahulu apakah itu memang untuk kepentingan keluarga atau kepentingan pribadi semata.

BACA JUGA: Inilah Tips Atur Keuangan sesuai Syariat Islam

This Is Our Money. Dalam keluarga prinsipnya adalah ‘uangmu dan uangku adalah uang kita’. Hal itu demi kebersamaan dan masa depan keluarga.

Future Orientation –Today Concern. Maksudnya adalah memanfaatkan rezeki serta segala sumbur ekonomi keluarga untuk kepentingan masa depan dengan tetap memperhatikan kebutuhan masa sekarang.

Scale of Priority & Positive Activity. Buatlah daftar pengeluaran berdasarkan skala prioritas.

Transparency & Responsibility. Jangan sampai ada dusta diantara anda dan pasangan terkait kondisi keuangan keluarga.

BACA JUGA:  Tips Sederhana agar Sukses Kelola Keuangan: Irit!

Productive Assets & Useful Things. Hindari membeli barang diluar rencana, apalagi barang-barang yang sebenarnya belum anda perlukan.

Team Work & Equal Treatment. Yang harus dipahami dari prinsip ini adalah bahwa anda dan pasangan lah yang secara bersama bertanggung jawab penuh atas keuangan keluarga.

Commitment & Discipline. Anda dan pasangan harus memiliki komitmen penuh dan disiplin dalam melaksanakan rencana keuangan keluarga dengan penuh tanggung jawab. []

SUMBER: INSPIRADATA

loading...
loading...

Sponsored

Langganan newsletter Kami
Langganan newsletter Kami
Daftar dan dapatkan informasi update dari Kami langsung ke Inbox e-mail Anda
Kamu dapat berhenti berlangganan kapanpun

Maaf Anda Sedang Offline