ISLAMPOS
Media Islam Generasi Baru

Atasi Krisis Air, ICRC Beli Bahan Bakar bagi Perusahaan Air Yaman

0

YAMAN—Palang Merah Internasional (ICRC) menegaskan bahwa pihaknya telah membeli bahan bakar guna menyediakan air bersih bagi satu juta warga kota Hudaydah dan Ta’izz, Yaman. Bahan bakar ini digunakan untuk menggerakkan pompa dan diklaim akan cukup untuk memenuhi kebutuhan air bersih selama satu bulan mendatang.

Menurut laporan PressTV pada Rabu (29/11/2017) mengutip Iolanda Jaquemet, jurubicara ICRC, mengatakan bahwa pihaknya telah membeli 750 ribu liter bahan bakar bagi warga di kedua kota tersebut. Bahkan Jaquemet menyebut pembelian bahan bakar ini sebagai “usaha yang luar biasa.”

“Sebagai upaya terakhir dan mengingat kebutuhan besar dan mendesak, kami membeli bahan bakar untuk memasok perusahaan air perkotaan di Hudaydah dan Ta’izz. Bahan bakar ini cukup untuk mengoperasikan pompa air mereka selama satu bulan,” kata Jaquemet.

Dia mengatakan bahwa kekurangan bahan bakar di Yaman menjadi “kritis” selama konflik yang dimulai kelompok Syiah Houthi untuk menguasai Yaman. Konflik telah mengakibatkan sistem perairan di sembilan kota di Yaman tak bisa beroperasi tanpa bahan bakar untuk menjalankan pompa.

Menurut Jaquemet, kurangnya bahan bakar berdampak ke beberapa sektor kebutuhan pokok warga karena harga barang-barang meningkat tajam.

Bahan bakar diperlukan untuk mengangkut barang dan menjalankan generator rumah sakit dan memelihara suhu dingin untuk penyimpanan vaksin dan obat-obatan. Hal ini juga diperlukan untuk menjaga sektor air bersih dan sanitasi serta kesehatan dan makanan. []

Langganan newsletter Kami
Langganan newsletter Kami
Daftar dan dapatkan informasi update dari Kami langsung ke Inbox e-mail Anda
Kamu dapat berhenti berlangganan kapanpun
loading...
loading...