ISLAMPOS
Media Islam Generasi Baru

Asosiasi Ulama Dunia Berpesan Umat Islam Jangan Ikut-ikutan April Mop

Foto: Indowarta
0 244

JAKARTA – Dr Yusuf Qardhawi, salah seorang ulama yang sangat keras terhadap pelarangan April Mop menyatakan hari kebohongan ini tak pantas untuk diikuti umat Islam.

Ketua Asosiasi Ulama Islam Internasional itu menegaskan, ikut-ikutan melakukan ajaran April Mop berarti melakukan kebohongan yang nyata, dan hal ini sangat dilarang dalam syariat Islam.

Banyak yang membuat kebohongan sebagai bahan lelucon kepada orang lain. Mop sendiri berasal dari bahasa Belanda yang artinya bercanda. Di hari ini, satu sama lain saling membohongi, membuat makar kebohongan, bahkan menipu orang lain.

Syariat hanya memperbolehkan perbuatan bohong dalam kondisi dhoruriyah (kondisi genting), yakni jika benar-benar menyangkut soal kemaslahatan umat, nyawa, atau eksistensi orang lain.
“April Mop atau kedustaan April ini haram. Karena ini jelas-jelas bohong dan dusta dengan menginformasikan sesuatu yang menakutkan dan menggelisahkan orang,” tegas Qardhawi dalam fatwa kontemporernya yang fokus membahas April Mop, seperti dilansir dari Islamonline.net  Sabtu (01/04/2017).

Qardhawi mengatakan, tidak boleh seorang muslim membuat kebohongan kepada saudaranya sesama Muslim, walaupun untuk bercanda dan bergurau. Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam sendiri selalu jujur dalam ucapannya, walau hanya sekedar bercanda. Rasulullah SAW bersabda, “Celaka bagi orang yang bercerita kemudian ia berdusta agar manusia tertawa. Celaka baginya!” (HR Ahmad) pungkasnya. []

Comments
Loading...