islampos
Media islam generasi baru

Artis-artis Beken Bollywood Ini Ternyata Seorang Muslim

Foto; Googe Image
0

ANDA pasti tidak asing dengan suguhan film-film Bollywood di layar kaca yang acapkali menampilkan sederetan budaya India?

Jika sering menonton film-film itu, tentunya Anda pasti tak asing juga dengan nama-nama beken seperti Shah Rukh Khan, Aamir Khan dan artis-artis lainnya. Namun, tahukah Anda jika para pesohor itu merupakan penganut agama Islam?

Bicara soal agama, ternyata cukup banyak pekerja seni di India yang merupakan seorang Muslim. Berikut deretan artis dan aktor Bollywood yang menganut agama Islam.

1. Shahrukh Khan

Aktor utama film ‘My Name Is Khan’ ini, pernah dinobatkan sebagai artis terkaya nomor dua di dunia tahun 2014-2015 versi Wealth-X. Kekayaannya ditaksir mencapai US$ 600 juta atau setara Rp 6,9 triliun.

Soal keyakinannya, bukan rahasia umum lagi jika Shahrukh Khan–biasa dikenal sebagai SRK–merupakan seorang penganut agama Islam.

Namun, tahukah Anda, di balik sikapnya yang rendah hati ternyata SRK menyimpan kekecewaan terhadap negara asalnya, India.

“Ya, saya pikir saat ini tidak ada toleransi. Ada intoleransi yang ekstrim. Ada intoleransi yang tumbuh,” katanya saat ditanya soal tragedi daging sapi di India yang melibatkan Muslim, seperti dilansir ArabNews, (19/11/2015) lalu.

“Kami sudah lama terbiasa dengan daging sapi. Bagaimana mungkin kebiasaan makan (daging-red) tersebut menjadi masalah?” tambah aktor muslim ini.

Dalam artikel untuk majalah Outlook yang terlampir di harian The New York Times, Khan menulis bahwa dirinya kadang-kadang menjadi ‘obyek para pemimpin politik yang memilih untuk menjadikannya simbol bagi segala hal yang dianggap salah dan tidak patriotik mengenai Muslim di India.’

2. Aamir Khan

Jika anda pecinta film 3 Idiot pasti sudah tak asing dengan aktor yang satu ini. Dia adalah Muhammed Aamir Hussain Khan. Dari nama panjangnya, sudah ketahuan kalau Aamir Khan itu seorang Muslim.

Dalam sebuah wawancara dengan media di Mumbai 2015 silam, Khan menyatakan bahwa dia tidak setuju dengan perbuatan media dan politikus yang terus mengaitkan kelompok teroris dengan agama.

“Daripada menyebut mereka sebagai teroris Kristen, teroris Hindu, atau teroris Islam, kenapa tidak panggil saja mereka teroris?” kata Khan dalam program acara tersebut.

Pernyataan Khan mengenai sikap intoleransi agama yang semakin buruk di India tersebut sontak berbuah kecaman hebat. Khan bahkan berpikir untuk hijrah bersama dengan keluarganya ke negara lain dengan alasan keamanan.

Namun Khan juga banyak mendapat simpati dan dukungan terkait komentarnya tersebut. Banyak penggemar Khan berkomentar di media sosial tentang hal itu, dan kebanyakan mereka mempertahankan pernyataannya.

Beberapa dari simpatisannya bahkan menyalahkan politikus dan para penganut paham fundamentalis, yang tumbuh semakin pesat sebagai penyebab adanya keadaan tidak nyaman di beberapa tempat.

Sementara itu Kepala Menteri Delhi, Arvind Kejriwal, pada akun Twitter-nya mendukung pernyataan Khan dengan mengatakan, “BJP tidak berhak membungkam orang bersuara melalui penindasan dan ancaman.”

3. Salman Khan

Salman Khan merupakan salah satu aktor senior Bollywood. Film debutnya di tahun 1989, Maine Pyar Kiya langsung melambungkan namanya hingga menjadi aktor papan atas. Selain sebagai aktor, Salman juga seorang presenter, produser, dan penyanyi.

Dalam sebuah peristiwa di tahun 2015 lalu, Salman Khan pernah mendapatkan serangan dari seseorang. Serangan itu disebut-sebut ditenggarai bermotif sara.

Namun Salim Khan, ayah dari Salman Khan menyatakan kalau anaknya mendapatkan serangan sebagai seorang selebriti dan bukan karena ia seorang Muslim.

4. Suzanne Roshan

Artis, sosialita, dan interior designer, lulusan Brooks Collage, California, ini ternyata juga seorang Muslim.

5. Shaheer Sheikh

Berperan sebagai Arjuna di serial Mahabarata, nama Shaheer Sheikh popular di Indonesia.

6. Imran Khan

Aktor film ini adalah keponakan dari Aamir Khan. Seperti pamannya, Imran Khan juga seorang Muslim.

7. Gauri Khan

Gauri Khan adalah istri Shahrukh Khan. Selain sebagai produser film, ibu tiga anak ini juga seorang desain interior sekaligus fashion designer. []

loading...
loading...