ISLAMPOS
Media Islam Generasi Baru

Argentina Komitmen Berikan 1.000 Beasiswa kepada Pengungsi Suriah

Foto: Worldbulletin
0 224

BUENOS AIRES—Pemerintah Argentina berencana memberikan seribu beasiswa pendidikan di berbagai universitas bagi para pengungsi Suriah dalam lima tahun mendatang.

Argentina sendiri sebelumnya dikritik oleh kelompok-kelompok hak asasi manusia karena mengulur-ulur komitmennya pada tahun lalu untuk menerima 3 ribu pengungsi.

Seperti diketahui, Presiden Argentina Mauricio Macri mengatakan pada tahun lalu bahwa ia berniat mengizinkan lebih dari 3 ribu pengungsi Suriah bermukim di negaranya. Tetapi, sejauh ini, hanya beberapa ratus pengungsi yang sudah tiba.

Namun pada Forum Ekonomi Dunia untuk Amerika Latin di Buenos Aires pada Jumat, Menteri Pendidikan Argentina Esteban Bullrich mengatakan pemerintah saat ini membuka pintu bagi 1 ribu mahasiswa. Komitmen beasiswa itu di luar komitmen untuk menerima kedatangan 3. ribu warga Suriah.

“Kita ingin terbuka kepada dunia. Kita perlu membantu menyelesaikan masalah yang sedang dihadapi dunia. Suriah pada saat ini merupakan masalah dunia,” kata Bullrich, lansir Reuters, Jumat (7/4/2017).

Program ini akan membantu Argentina menjadi negara yang lebih baik. “Masyarakat kita juga akan menjadi masyarakat yang lebih baik,” katanya.

Bullrich mengatakan Argentina juga akan mengeluarkan visa kemanusiaan baru guna memberi jalan bagi para pengungsi untuk mendapatkan kesempatan tinggal secara permanen. Pendanaan beasiswa dibentuk atas kerja sama antara pemerintah Argentina dan Blue Rose Compass, yaitu organisasi nirlaba Amerika Serikat yang berupaya membantu para pengungsi mendapatkan pendidikan dan pekerjaan.

Lorna Solis, pendiri dan pemimpin perusahaan Blue Rose Compass, mengatakan, bahwa serangan gas saraf di Suriah pekan ini menunjukkan bahwa dunia semakin perlu membantu para pengungsi dengan skema-skema seperti beasiswa. Sudah lima juta warga Suriah yang mengungsikan diri ke Turki, Lebanon, Jordania, Irak dan Uni Eropa untuk menyelamatkan diri dari konflik di antara pemberontak, kelompok militan Islamis, pasukan pemerintah serta pendukung dari negara-negara asing.

Solis mengatakan beasiswa-beasiswa itu akan diberikan kepada para pengungsi Suriah yang tinggal di Lebanon dan Jordania. Dengan penempatan pertama di universitas-universitas di Buenos Aires, sebelum diperluas ke kota-kota lainnya di Argentina. []

Comments
Loading...