Apa Itu Kebersihan?

0

SERINGKALI kita menganggap sepele mengenai kebersihan. Keadaan tempat dan lingkungan yang bersih, selalu tidak diperhitungkan. Mengapa hal ini terjadi? Padahal, kita tahu bahwa Allah SWT itu indah dan menyukai kebersihan.

Tahukan Anda, bahwa hidup bersih merupakan sebagian dari jiwa yang sehat. Ya, ketika kita mampu menjaga kebersihan di lingkungan sekitar, maka tak akan ada bakteri penyakit yang mau menempel dalam diri kita. Maka, kemungkinan bagi kita sakit itu hanyalah sedikit.

Mengutip keterangan dari sebuah hadis yang sudah sangat familiar di telinga kita yang diriwayatkan oleh Ahmad, “Kebersihan itu sebagian dari iman.” Kebersihan itu bersumber dari iman dan merupakan bagian dari iman. Dengan demikian, kebersihan dalam Islam mempunyai aspek ibadah dan aspek moral.

Oleh karena itu, kata “bersuci” sering dipakai sebagai padanan kata “membersihkan/ melakukan kebersihan.” Ajaran tentang kebersihan tidak hanya slogan atau teori belaka, tetapi harus dijadikan pola hidup praktis yang mendidik manusia hidup bersih sepanjang masa.

Apa sih kebersihan itu? Kebersihan adalah upaya manusia untuk memelihara diri dan lingkungannya dari segala yang kotor dalam rangka mewujudkan dan melestarikan kehidupan yang sehat dan nyaman. Kebersihan merupakan syarat bagi terwujudnya kesehatan. Sedangkan sehat adalah salah satu faktor yang dapat memberikan kebahagiaan. Sebaliknya, kotor tidak hanya merusak keindahan tetapi juga dapat menyebabkan timbulnya berbagai penyakit, sedangkan sakit merupakan salsah satu faktor yang menimbulkan penderitaan.

Kemudian, apa yang dimaksud dengan sehat? Menurut WHO (World Health Organizations) kesehatan adalah suatu keadaan yang sempurna fisik, mental, sosial, spiritual. Sedangkan menurut UU No. 23 tahun 1992, kesehatan adalah keadaan sejahtera dari badan, jiwa dan sosial yang memungkinkan hidup produktif secara sosial dan ekonomi.

Jika mengacu pada dua definisi tersebut, maka sehat mengandung lima kompenen dasar, yaitu sehat jasmani, sehat mental, sehat spiritual, kesejahteraan sosial dan kesejahteraan ekonomi.

Agama Islam adalah agama yang cinta pada kebersihan. Rasulullah SAW sangat menganjurkan kepada umatnya untuk senantiasa menjaga kebersihan. Dengan menjaga kebersihan, tubuh kita akan sehat dan kuat. Dalam syariat Islam, muatan ajaran kebersihan ini termaktub dalam perintah shalat. Ketika hendak mengerjakan shalat, umat Islam disyaratkan agar bersih dari hadas dan najis, baik badan, pakaian maupun tempat yang dipergunakan untuk shalat.

Jadi, jadilah orang yang bersih, agar kesehatan dapat menjadi teman kita. Budayakanlah perilaku hidup bersih, dari mulai hal yang kecil hingga yang besar. Biasakanlah diri untuk selalu menjaga kebersihan lahiriah seperti kebersihan badan, pakaian, makanan dan lingkungan. Tantangan untuk membiasakan diri untuk suatu kebaikan adalah momen memulai untuk pertama kali. Jika sudah terbiasa maka seterusnya akan terasa lebih mudah.

Mari awali dari diri sendiri, kemudian tularkanlah ke semua orang yang ada di sekitar kita. []

Referensi: Tau Gak Sih Islam Itu Sehat?/Karya: Dr. Faza Khilwan Amna, MMR dan Dr. Hendri Okarisman/Penerbit: Aqwamedika

loading...
loading...
Langganan newsletter Kami
Langganan newsletter Kami
Daftar dan dapatkan informasi update dari Kami langsung ke Inbox e-mail Anda
Kamu dapat berhenti berlangganan kapanpun

Maaf Anda Sedang Offline