islampos
Media islam generasi baru

Antara Minyak dan Diri Kita

0

Oleh: Bagas Triyatmojo

SORE itu saya mencuci piring bekas makan oseng oncom, berminyak. Saya sabuni, gosok gosok, bilas dengan air bersih dan ternyata masih berminyak.

Ah lagi, saya sabuni, gosok gosok, bilas, kemudian saya pegang piringnya, masih juga berminyak. Sekali lagi saya coba masih tetap terasa berminyak.

Baru setelah itu saya sadar, bahwa piringnya sudah bersih dari tadi, namun tangan saya yang berminyak, sehingga bagaimanapun bersihnya piring, bila dipegang akan terasa berminyak.

Persis dalam kehidupan, mungkin sudah berulang kali kita berusaha menyampaikan kebaikan di sekeliling kita namun belum baik juga. Mungkin kita perlu curiga, jangan jangan diri kita lah yang sebenarnya sedemikian kotor?

Niat niat yang belum lurus, cara caranya belum santun, dan waktunya yang tidak tepat. Sehingga yang disampaikan pun tidak mampu memperbaiki keadaan.

Sungguh baik ketika ingin menyampaikan kebaikan, namun sebelumnya kita harus memastikan, apa yang mengiringinya juga harus dibersihkan, niatnya, caranya dan juga tujuannya, introspeksi diri. Allahu alam []

loading...
loading...