Ansan Masjid, Pusat Ibadah Kaum Muslimin di Kota Ansan Korea Selatan

Foto: Bimas Islam
0 149

WARGA Muslim di Korea Selatan memang menjadi minoritas, namun kualitas keagamaannya tidak kalah dengan yang mayoritas berpenduduk muslim, hal itu bisa dilihat dari aktivitas kegiatan keagaman, tingkat kesejahteraan dan sarana Ibadah.

Dilansir Bimas islam, muslim di Kota Ansan, Korea Selatan (Korsel) memiliki masjid yang bernama Ansan Masjid. Masjid ini memiliki sejarah panjang.

Embrio masjid ini sudah adasejak erat ahun 1990 an, dan sejak lama sudah difungsikan sebagai tempat Ibadah bagi warga muslim di negeri yang terkenal akan gingsennya ini.

Selain muslim Korsel, masjid ini dimakmurkan pendatang dari Indonesia, Pakistan, Banglades dan Usbekistan. Ketua Masjid Ansan, Ust. Dwi Cahyono mengungkapkan bahwa muslim Indonesia memiliki aula khusus di lantai 3 yang difungsikan untuk berbagai kegiatan keagamaan dan sosial.

“Disini selain sebagai tempat silaturahim juga dilaksanakan kegiatan untuk memakmurkan masjid, seperti pengajian tafsir, rutinitas pembacaan yasin bersama dan manasik haji, juga sebagai tempat untuk melangsungkan pernikahan,” ungkap Ust. Dwi.

Selain itu, setiap hari jumat, masjid ini selalu dipenuhi muslim dari berbagai daerah di Korsel, bahkan ada yang harus menempuh jarak puluhan kilo meter. Hal itu dikatakan Budi Aryanto, salah satu Pengurus Cabang Istimewa Nahdlatul Ulama (PCI NU) Korsel.

“Jumlah Masjid yang ada sangat terbatas, sehingga banyak jamaah yang datang sejak pagi untuk mengikuti shalat jumah,” ujar pemuda asal Boyolali ini.

Sejatinya ada beberapa masjid resmi Korea Muslim Federation (KMF), seperti Seoul Central Masjid Itaewon, masjid Umar bin Khattab di Gwangju, masjid Paju (Daerah Paju), masjid Anyang (Daerah Anyang), masjid Abu Bakar As-Sidiq di Jeonju dan masjid Saidina Bilal di Changwon.

Selain itu ada juga beberapa masjid yang didirikan oleh Komunitas Muslim Indonesia (KMI) diantaranya, masjid Al-Mujahidin di Incheon, Al-falah di daerah Guro, At-Taubah Gwangju, An-Noor Daejon, Darrussalam Parran, Al-Ikhlas Uijeongbu, dan Al-barokah Gimhae. Juga terdapat musholla yang tersebar sedikitnya di 35 lokasi. []

 

loading...
loading...