Anies-Sandi Menang, Pengamat Politik UNPAR Sebutkan 3 Penyebabnya

Foto: Republika
0 133

JAKARTA–Perhitungan quick count oleh beberapa lembaga survei mengatakan pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Anies Baswedan-Sandiaga Uno lebih unggul dibandingkan Paslon Basuki-Djarot. Pengamat politik dari Universitas Parahyangan Bandung Asep Warlan sebutkan tiga hal penyebab Anies-Sandi menang.

Warlan mengatakan, tiga hal itu karena Anies dan Sandi banyak disukai warga Jakarta serta programnya merakyat, ditambah strategi politik lawannya yang salah.

“Saya kira tiga hal itu yang membuat Anies-Sandi menang. Sosok Anies adalah sosok pemimpin yang berwibawa, peduli, dan seperti yang diinginkan oleh rakyat Jakarta hari ini,” kata Warlan, dilansir Republika, Rabu (19/4/2017).

BACA JUGA:
Ahok ucapkan Selamat kepada Anies melalui Pesan Whatsapp
Sejumlah Tokoh Laksanakan Sujud Syukur di Masjid Istiqlal Atas Kemenangan Anies –Sandi
Selain Sujud Syukur, Relawan Anies-Sandi Syukuran Potong Kambing di 23 Tempat

Warlan menilai, visi misi program Anies-Sandi bisa menyentuh rakyat Jakarta. “Sedangkan Paslon Basuki-Djarot dinilai banyak mendapat kegagalan. Tidak seperti yang diagung-agungkan pasangan tersebut,” terang Warlan.

“Lalu yang terakhir, terjadi kesalahan strategi politik dari tim Basuki-Djarot. Misal, begitu vulgarnya pembelaan tim Basuki, terkait kasus penistaan agama, itu imbasnya besar,” paparnya.

Menurutnya, bertubi-tubinya ‘pembelaan’ dari tim pemenangan Basuki-Djarot terkait kasus tersebut menimbulkan efek tidak baik pada pasangan calon tersebut.

“Kan sudah jelas jadi terdakwa, kenapa tetap harus dibela,” jelas Warlan.

Adapun dugaan elektabilitas Paslon nomor urut 2 turun karena mencuatnya kasus politik sembako yang diarahkan pada mereka, meskipun tidak menjadi faktor dominan berkurangnya suara.

“Ya, barangkali ada. Tapi, menurut hemat saya, sembako itu tidak terlalu dominasi,” jelas Warlan. []

loading...
loading...