ISLAMPOS
Media Islam Generasi Baru

Anggota Fatah di Penjara Israel Bakal Gelar Aksi Mogok Makan Massal

Foto: mirajnews
0

RAMALLAH – Gerakan Fatah Palestina mengumumkan bahwa anggota mereka yang berada di penjara-penjara Israel akan meluncurkan aksi mogok makan terbuka pada 17 April mendatang. Demikian menurut pernyataan gerakan tersebut yang dirilis Jumat, (25/3/2017).

Aksi mogok makan massal ini akan dipimpin oleh anggota komite pusat Fatah, Marwan al-Barghouti. Al-Barghouthi mendorong anggota Fatah yang dipenjara untuk mempertahankan kesatuan selama aksi mogok makan.

“Saya menyerukan kepada semua organisasi dan aktivis nasional dan rakyat di semua tingkatan untuk mendukung kasus para tahanan dalam aksi mogok makan mereka,” kata al-Barghouthi.

Menurut pernyataan itu, aksi mogok makan akan diluncurkan untuk menuntut dimulainya kembali kunjungan ke para tahanan Palestina, yang dihentikan oleh Komite Internasional Palang Merah tahun lalu.

Tuntutan lainnya berkaitan dengan perawatan medis dan transportasi serta perlakuan terhadap tahanan perempuan, lapor Anadolu Agency.

Pernyataan itu juga menyerukan pembebasan segera para tahanan Palestina yang sakit atau menderita cacat.

Aksi mogok makan mendatang bertepatan dengan ulang tahun Hari Tahanan Palestina, yang telah diperingati setiap tahun sejak tahun 1974. Hal ini dilakukan setelah tahanan Palestina pertama – Mahmoud Hijazi – dibebaskan atas kesepakatan pertukaran tahanan pertama dengan Israel.[fq/islampos]

loading...
loading...