ISLAMPOS
Media Islam Generasi Baru

Anggarkan Rp 90 Miliar, Kemenhub Minta Masyarakat Manfaatkan Mudik Gratis

Foto: Poskota
0

JAKARTA–Kementerian Perhubungan seperti tahun-tahun sebelumnya kembali menawarkan mudik gratis, khususnya pemudik yang menggunakan sepeda motor, dalam upaya menekan angka kecelakaan selain untuk mengurangi kepadatan lalu lintas di jalan raya pada musim Lebaran tahun ini.

Tahun ini, kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, di Jakarta, Selasa (23/5/2017), Kementerian Perhubungan menggelar mudik motor gratis dengan menyediakan kuota hingga 208.435 penumpang dan 44.471 sepeda motor untuk semua moda baik darat, laut dan kereta api.

Jumlah pemudik gratis penumpang sebesar 208.435 orang itu naik 57 persen dibandingkan tahun sebelumnya sebesar 132.943 orang, sementara jumlah sepeda motor yang diangkut gratis sebesar 44.471 unit selama 2017 itu naik 155 persen dibanding tahun sebelumnya sebesar 17.557 unit.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengimbau agar masyarakat memanfaatkan mudik gratis tersebut mengingat. “Kita ingin mudik gratis ini dimanfaatkan secara maksimal karena tahun lalu (pelaksanaanya) kurang maksimal,” ucapnya.

Program mudik gratis tersebut merupakan kesempatan yang harus dimanfaatkan masyarakat untuk mengurangi tingkat kecelakaan yang sebagian besar terjadi oleh pemudik dengan sepeda motor.

Untuk angkutan mudik gratis masa Angkutan Lebaran 2017 mengalami peningkatan, yaitu untuk bus sendiri tersedia 3.409 bus atau naik 24.46 persen dari mudik gratis 2016 yaitu 2.739 bus.

Sementara itu, untuk kepasitas penumpang, yaitu 208.435 atau meningkat 69,83 persen dari mudik gratis 2016 sebanyak 122.733 penumpang. Untuk truk pengangkut sepeda motor, yaitu tersedia 124 truk dan tidak ada perubahan atau sama jumlahnya pada mudik gratis tahun lalu.

Adapun kapasitas motor yang diangkut, yaitu mengalami peningkatan yang signifikan, yaitu 154,72 persen dari 44,721 motor menjadi 17,557 motor.

Selain diangkut lewat moda darat, motor juga akan diangkut lewat moda laut, yaitu dengan kapasitas penumpang 32.000 orang dan motor 16.000 unit. Untuk motor yang dingkut dengan kereta, motornya saja yang gratis, sementara penumpangnya tidak.

Kapasitas untuk motor yang diangkut oleh kereta, yaitu 18.096 unit pada Angkutan Lebaran 2017 atau naik 56,57 persen dibandingkan dengan tahun lalu, yaitu 11.558 motor.

Untuk anggaran angkutan motor gratis tahun ini sebesar Rp90 miliar, yaitu untuk angkutan darat Rp30 miliar, Rp32 miiar dan sisanya yaitu untuk kereta.

Kota-kota tujuan mudik gratis tersebu di antaranya Semarang, Solo, Yogyakarta, Tasikmalaya, Cirebon dan kota-kota lainnya, terutama di Jawa Tengah.

Selain menyediakan akngkutan mudik gratis melalui darat, Kementerian Perhubungan juga ingin memopulerkan mudik dengan moda laut dengan mengadakan kembali mudik gratis angkutan motor dengan kapal laut pada masa Angkutan Lebaran 2017.

“Sekarang ini kita akan mencoba dengan moda laut sebagai gambaran, kalau model ini berhasil, maka akan kita sediakan kuota yang lebih besar,” kata Budi Karya Sumadi

Untuk itu Kemenhub tahun ini menghadirkan kembali angkutan mudik motor gratis yang tahun lalu sempat ditiadakan. Kementerian Perhubungan, melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Laut menyediakan kuota sebanyak 32.000 orang dan 16.000 yang diangkut dengan kapal laut dan keduanya tidak dikenakan biaya.

Titik keberangkatan, yaitu di Pelabuhan Tanjung Priok dan titik kepulangan, yaitu dari Pelabuhan Tanjung Mas, Jawa Tengah. Kapal yang akan digunakan adalah satu dari Pelni kapasitas 1.000 penumpang dan dua dari swasta kapasitas 500 penumpang.

Untuk lebih memasyarakat, Kementerian Perhubungan mempromosikan mudik gratis dengan kapal laut ke sentra-setra industri dan pasar-pasar untuk menarik minat masyarakat.

Kementerian Perhubungan mengakui masyarakat belum dapat informasi yang belum jelas tentang mudik gratis melalui kapal laut mengingat tahun-tahun sebelumnya yang daftar sedikit.

Kelebihan moda laut dibandingkan dengan moda darat selain gratis untuk penumpang dan motor, juga mereka bisa menikmati perjalanan sambil tidur, tidak macet dan disuguhkan dengan berbagai hiburan, contohnya musik.

Pemerintah memang tidak bisa memaksa atau melarang masyarakat untuk tidak mengendarai sepeda motor saat mudik Lebaran, sehingga yang bisa dilakukan hanyalah berupa imbauan.

Namun jika dilihat dari kemampuan fisik pengendara sebenarnya naik sepeda motor itu sangat labil apalagi jaraknya melampaui 50 kilometer sehingga beresiko tinggi dari faktor kelelahan dan mengurangi tingkat konsentrasi yang pada akhirnya justrui membahayakan pengendara maupun penumpang.

Kementerian Perhubungan memberikan syarakat bagi masyarakat yang ingin mudik gratis terutama kepada kendaraan yang akan diangkut. Syaratnya tersebut adalah tidak ada modifikasi motor, jumlah helm harus sesuai, memiliki penyangga tengah dan pegangan belakang, serta ukuran roda sesuai standar.

Selain itu tidak boleh ada kotak dibagian belakang motor, bensin terisi maksimal satu liter, kunci dititipkan kepada petugas, memiliki STNK dan SIM yang sah, serta kondisi sepeda motor yang layak jalan.

Masyarakat yang menggunakan moda jalan raya dapat mendaftarkan diri secara online dan offline mulai 18 Mei hingga 16 Juni 2017 melalui laman www.mudikgratis.dephub.go.id dan pendaftaran offline di GOR Bulungan Blok M Jakarta Selatan, Kantor Dishub Bekasi, Kantor Dishub Depok, Kantor Dishub Tangerang Kota, Kantor Dishub Tangerang. []

Sumber: Antara

loading...
loading...