islampos
Media islam generasi baru

Anggap Tidak Bersalah, Fadli Zon minta Buni Yani segera Dibebaskan

Foto: Kompasiana
0

JAKARTA–Fadli Zon, Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI meminta agar Buni Yani segera dibebaskan. Pasalnya, kata dia, secara logika Buni Yani tidak ada urusan antara dengan perkara yang menjerat Ahok itu.

“Kalau menurut saya secara logika saja apa urusannya Buni Yani? Buni Yani cuma mengutip apa yang ditayangkan Pemprov itu sendiri,” kata Fadli di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (10/5/2017).

Fadli menyatakan dirinya tidak sependapat dengan penasihat hukum Ahok dan jaksa penuntut umum yang berdalih bahwa keresahan masyarakat karena unggahan Buni Yani, sebab menurutnya Buni Yani tidak melakukan pengeditan yang mengubah substansi pidato Ahok di Pulau Seribu.

“Buni Yani sama sekali tidak bersalah, dari video pidato itu Ahok terbukti telah menistakan agama. Karena itu, tidak ada alasan Buni Yani tidak bisa dibebaskan,” tegas Fadli.

BACA JUGA:
Fadli Zon Lihat Kondisi Abu Bakar Ba’asyir di Lapas Gunung Sindur
Buni Yani: Skenarionya, Ahok Bebas dan Saya Dipenjara
Kakek Ini Mengaku Kecewa terkait Vonis Sidang Ahok

Sementara itu, Fadli menganggap apa yang dilakukan kepada Buni Yani saat ini merupakan sebuah bentuk kriminalisasi hukum.

“Ini jelas kriminalisasi hukum. Harusnya dengan adanya keputusan Ahok bersalah, maka apa yang disampaikan Buni Yani itu dengan sendirinya gugur demi hukum menurut saya,” pungkasnya.

Seperti diketahui, Buni Yani dituduh dengan sengaja atau tanpa hak menyebarkan video sambutan Ahok kala di Kepulauan Seribu yang menyinggung Al-Quran surah Al-Maidah ayat 51. Karena itu, Buni Yani menjadi tersangka dengan tuduhan melanggar pasal 28 ayat 2 juncto Pasal 45 ayat 2 Undang-undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE). []

Sumber: Republika

loading...
loading...