ISLAMPOS
Media Islam Generasi Baru

Amnesty International: RUU Anti Terorisme Uni Eropa Targetkan Muslim

German police men patrol with submachine gun at the Brandenburg Gate, ahead of the upcoming New Year's Eve celebrations in Berlin, Germany, December 30, 2016. REUTERS/Fabrizio Bensch - RTX2WY78
0

BRUSSEL – Amnesty International dalam laporannya Selasa kemarin (17/1/2017) menyatakan bahwa RUU anti terorisme di seluruh Eropa berpotensi mendiskriminasi Muslim dan para pengungsi, lapor Reuters.

“Di seluruh wilayah Uni Eropa kita melihat Muslim dan orang asing yang disamakan dengan teroris,” kata Julia Hall, seorang pakar kontraterorisme dan penulis laporan dari Amnesty Internasional. “Stereotip ini menjadi tidak proporsional dan mempengaruhi masyarakat sehingga ada peningkatan ketakutan dan keterasingan.”

Kelompok HAM itu mengambil contoh penerapan langkah-langkah keamanan selama dua tahun terakhir di 14 negara Uni Eropa, termasuk kekuatan untuk pengawasan yang sudah diperluas. Selama periode itu, serangan militan telah menewaskan sekitar 280 orang di Prancis, Belgia dan Jerman.

Serangan, sebagian besar diklaim dilakukan oleh ISIS, telah menuai ketegangan terkait pengungsi dan mendorong naiknya popularitas partai sayap kanan.

Dia memperingatkan bahwa langkah-langkah pengawasan ketat, penahanan dan penangkapan seperti yang diperkenalkan di Prancis sejak November 2015 laluu, ketika serangan militan menewaskan 130 orang, bisa disalahgunakan untuk menargetkan aktivis atau kelompok minoritas yang sebenarnya tidak menimbulkan ancaman.[fq/islampos]

loading...
loading...