Amnesty: Eksekusi Hukuman Mati di Beberapa Negara Termasuk Indonesia Menurun

0

JAKARTA—Amnesty International Indonesia meluncurkan Laporan terkait situasi penerapan hukuman dan eksekusi mati di negara-negara termasuk Indonesia ditahun 2017. Dari laporan tersebut, pemberlakuan hukuman mati di negara lain termasuk ndonesia hasilnya mengalami penurunan.

Direktur Eksekutif Amnesty International Indonesia Usman Hamid menyampaikan, berdasarkan data global, Amnesty International mencatat setidaknya 993 eksekusi diberlakukan di 23 negara di tahun 2017, turun 4% dari tahun 2016.

“Menurunnya pada tingkat penerapan hukuman mati secara global di tahun 2017, harus menjadi momentum bagi Indonesia untuk memberlakukan moratorium eksekusi mati di tahun 2018,” katanya di Kantor Amnesty Menteng Jakarta Pusat, Kamis (12/4/2018).

Menurutnya, dengan memberlakukan moratorium pada pelaksanaan hukuman mati dapat mempermudah upaya diplomasi internasional Indonesia untuk menyelamatkan 188 warga Indonesia yang saat ini menjadi terpidana mati di luar negeri.

Di samping itu, Usman menyatakan menurunnya tingkat penerapan hukuman mati secara global juga dapat menjadi momentum bagi pemerintah Indonesia untuk meninjau kembali penggunaan hukuman mati.

Ia mengungkapkan, beberapa contoh kasus penerapan hukuman mati menimbulkan pelanggaran terhadap hak atas peradilan yang adil di Indonesia. []

Reporter: Rhio

loading...
loading...
Langganan newsletter Kami
Langganan newsletter Kami
Daftar dan dapatkan informasi update dari Kami langsung ke Inbox e-mail Anda
Kamu dapat berhenti berlangganan kapanpun

Maaf Anda Sedang Offline