islampos
Media islam generasi baru

Aljazair Terapkan Kebijakan Sensor Terhadap Buku-buku Impor

Foto: memo
0

ALJAZAIR—Perdana Menteri Aljazair Abdelmalek Sellal dilkabarkan telah menyetujui perintah sensor terhadap buku-buku impor. Terutama buku-buku yang menyangkut revolusi pembebasan negara (1954-1962) untuk melawan kolonialisme Prancis, Memo melaporkan pada Rabu (1/2/2017).

Berdasarkan keputusan yang diumumkan dalam Berita Resmi Selasa (31/2/2017), importir buku harus menyerahkan daftar buku—baik publikasi cetak dan elektronik—kepada pemerintah  untuk mendapat persetujuan sebelum buku-buku itu didistribusikan.

Hukum berlaku untuk buku yang dicetak dari luar negeri dan digunakan untuk dijual, dibaca publik atau untuk disumbangkan di Aljazair. Dua salinan dari setiap buku harus diserahkan kepada kementerian sebelum distribusi; Para pejabat kemudian akan memutuskan apakah buku yang telah diperiksa memungkinkan berada di Aljazair atau melarangnya.

Kebijakan penyensoran buku dilakukan setelah banyak buku yang membahas tentang sejarah Aljazair, terutama yang diimpor dari Perancis, sering menimbulkan banyak kontroversi.

Keputusan ini datang beberapa hari setelah muncul isu perintah eksekutif yang memperketat impor buku-buku agama dan Al-Qur’an. Mulai sekarang importir harus mengantongi izin terlebih dahulu dari Departemen Agama Aljazair. []

loading...
loading...