islampos
Media islam generasi baru

Alami Kekeringan, Somalia Nyatakan Darurat Bencana Nasional

Foto: The Fifth Column
0

MOGADISHU – Presiden Somalia Mohamed Abdullahi Farmajo menyatakan kondisi bencana nasional akibat kekeringan parah melanda negara itu. Demikian Press TV melaporkan.

Sebuah pernyataan dari Abdullahi yang dirilis hari Selasa pekan lalu mengatakan deklarasi ‘bencana nasional’ harus diterapkan untuk menangani keadaan darurat kemanusiaan di semua daerah yang terkena kekeringan saat ini.

“Presiden mengimbau masyarakat internasional untuk segera menanggapi bencana dalam upaya membantu keluarga dan individu untuk pulih akibat dampak bencana kekeringan, sehingga tragedi kemanusiaan bisa dihindari,” demikian pernyataan Abdullahi.

Badan-badan bantuan mengatakan kekeringan telah menyebabkan sekitar tiga juta orang mengalami krisis di Somalia.

Somalia sendiri berisiko mengalami kelaparan gelombang ketiga dalam 25 tahun terakhir.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sebelumnya pada hari Senin memperingatkan terulangnya bencana kelaparan yang menewaskan 260.000 akibat kelaparan di seluruh negeri pada tahun 2011.

Badan ini mengatakan lebih dari 6,2 juta orang membutuhkan bantuan kemanusiaan mendesak, termasuk hampir tiga juta orang yang kelaparan.

Menurut WHO, lebih dari 363.000 anak-anak kekurangan gizi akut dan 70.000 anak yang mengalami buruk gizi perlu tindakan mendesak.

Selain itu, kekeringan telah menyebabkan penyebaran akut penyakit diare berair, kolera dan campak di berbagai wilayah Somalia. [fq/islampos]

loading...
loading...