ISLAMPOS
Media Islam Generasi Baru

Al-Qur’an Tertua di Dunia Ditemukan di India

Foto: The Hindu
0

INDIA—Salah satu mushaf Al-Qur’an tertua di dunia telah ditemukan di India. Menurut laporan, Mushaf ini ditemukan oleh polisi negara bagian Karnataka. Mushaf ini diyakini berasal dari periode Mughal, sekitar empat abad yang lalu.

“Tidak ada informasi lain kecuali Mushaf tersebut didedikasikan untuk orang-orang suci dari periode itu. Meskipun saya sering melihat banyak Mushaf di India, saya belum melihat Mushaf setua ini,” ujar sejarawan Prof. Sheikh Ali kepada The Hindu.

Sebuah kelompok membeli Mushaf ini dari orang tak dikenal di Hyderabad dan berniat untuk menjualnya kembali dengan harga sekitar 776.754 USD.

“Ketika kami mengetahui kelompok ini mencoba untuk menjual Mushaf berharga ini via video online, tim polisi mendekati mereka dan menyamar sebagai calon pembeli,” ungkap Inspektur Polisi Wilayah Myusuru, Abhinav Khare.

Para sejarawan menggambarkan Mushaf utuh sebanyak 604 halaman ini sebagai “karya seni.”

“Mushaf ini ditulis pada tahun 1050 kalender Hijriah. Masa ini adalah periode saat Kerajaan Mughal mencapai puncaknya di India, saat Raja Akbar digantikan oleh Jehangir,” demikian sejarawan Ali. []

loading...
loading...